Selasa, 13 September 2022 15:14 WIB

Pulih Bersama, dengan Senyum Sehat Indonesia: Indah Senyummu, Sehat Badanmu

Responsive image
544
drg.Sekar Putri,Sp.Orth - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Senyum merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rasa bahagia. Terbentuknya senyum melibatkan semua struktur muka, termasuk bibir, gigi, pipi bahkan mata. Senyum yang indah dapat terwujud salah satunya dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat. Gigi kuning karena kotor, tidak beraturan, berlubang atau bahkan ompong akan mengurangi keindahan senyum. Ayo wujudkan senyum sehat Indonesia dengan 4 hal ini:

1. Gigi Kuat

Gigi merupakan bagian penting dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Selain itu, gigi juga membantu fungsi bicara, dan sebagai simbol keindahan/estetika. Gigi yang kuat adalah gigi yang bebas dari plak dan karang gigi, lubang gigi, serta memiliki susunan gigi yang baik. Plak adalah kumpulan dari bakteri dan sisa makanan yang melekat pada permukan gigi, sedangkan karang gigi adalah plak yang mengeras. Plak dan karang gigi yang menempel pada gigi yang berjejal akan sulit dibersihkan, sehingga dapat memulai terjadinya lubang gigi dan berakhir pada kehilangan gigi. Makanan manis dan bakteri dalam plak akan membentuk asam yang akan merusak permukaan gigi. Sikat gigi dengan teknik yang benar 2 kali sehari dan 2 menit setiap kali, membantu membersihkan gigi dari tumpukan plak dan sisa makanan. Selain itu untuk pembersihan gigi yang maksimal diperlukan pemakaian benang gigi dan obat kumur.

2. Senyum Sehat

Saat tersenyum, bagian mulut yang terlihat terutama adalah gigi dan bibir. Susunan gigi yang tidak teratur juga mengurangi keindahan senyuman, sehingga untuk mencapai senyuman ideal kita perlu merapikan gigi, salah satunya dengan kawat gigi. Selain gigi, bibir yang merupakan elemen penting, bibir kering, terkelupas, luka pada sudut bibir juga mengurangi nilai estetis dari senyum. Jadi pastikan bibir, gusi dan jaringan mulutmu juga sehat. Pastikan 2 kali setahun ke dokter gigi untuk pemeriksaan berkala. Pemeriksaan gigi dan mulut dapat menghindarkan resiko penyakit misalnya kanker rongga mulut.

3. Napas Segar

Napas segar sangat menunjang rasa percaya diri saat tersenyum dan berbicara. Saat kondisi gigi dan jaringan di rongga mulut sudah bersih dan sehat, maka napas segar bisa terwujud. Perlu diingat bahwa mulut merupakan bagian dari pencernaan, sehingga napas kita juga mencerminkan sehat tidaknya pencernaan kita. Makanan yang sehat seperti buah dan sayur kaya serat dan produk susu baik untuk pencernaan, sedangkan makanan yang mengandung alkohol dan tinggi gula serta asam sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah kecil. Pembersihan lidah dengan tongue scrapper juga diperlukan untuk menghilangkan sisa makanan, bakteri dan jamur.

4. Cegah Sumber Infeksi

Infeksi pada gigi dan rongga mulut yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit sistemik, antara lain penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit pada saluran cerna bahkan kanker, infeksi pada saluran napas, resiko berat bayi lahir rendah pada ibu hamil, penyakit gula dan alzheimer. Untuk itu penting untuk kita menjaga gigi dan mulut kita tetap sehat. Indah senyummu, sehat badanmu!

      

 

Referensi:

Bui,Q Fiona, Cassio L.C Almedia-da-Silva; Huynh,B; Trihn,A; Liu,J; Woodward,J; Asadi,H;Ojcius,M.D;Association between periodontal pathogens and systemic disease; 2019; Biomedical Journal 41:27-35. https://doi.org/10.1016/j.bj.2018.12.001

Rathee,M; Sapra,A; Dental Caries; National Library of Medicine:National Center for Biotechnology Information; 2022; https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551699/

https://collegeplazadental.com/four-foods-that-can-harm-your-teeth

Sumber gambar : https://dentaluniverseindonesia.com/senyum-makin-cantik-dengan-veneer-gigi/4.

( DOC, PROMKES RSMH)