Senin, 22 Agustus 2022 10:41 WIB

Apa Saja Manfaat yang Didapat dari Bersepeda?

Responsive image
7975
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga dan merupakan salah satu moda transportasi darat. Bersepeda menjadi olahraga yang digemari saat ini. Bersepeda mempunyai daya jelajah lebih jauh sehingga seseorang melakukan untuk menempuh rute tertentu. Sebagian orang sudah mulai bersepeda, diharapkan untuk konsisten agar ada efek latihan. Konsisten diperlukan supaya tubuh mencapai kebugaran dan kesehatan yang optimal. Bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga ini melatih otot tubuh seperti otot perut, paha, betis, dan kaki. Untuk menjaga kebugaran, sebaiknya berolahraga dalam seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang sekitar 30 menit sebanyak 3 kali seminggu. Kegiatan ini dapat dilakukan pada pagi atau sore hari dengan mempertimbangkan cuaca. Waktu di pagi hari lebih disarankan karena udara lebih segar dan intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi. Sebelum melakukan olahraga ini sebaiknya melakukan pemanasan untuk mencegah cedera.

Berikut ini adalah manfat yang didapat dari bersepeda yaitu :

•      Memperkuat otot kaki, melatih keseimbangan dan koordinasi.

Mengayuh sepeda merupakan latihan untuk memperkuat otot kaki tanpa tekanan yang berlebih, juga dapat memperkuat otot di paha depan, paha belakang, bokong, dan betis, serta membantu keseimbangan dan koordinasi tubuh secara keseluruhan.

•      Meningkatkan kesehatan jantung.

Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular yaitu jantung dan pembuluh darah dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

•      Menjaga berat badan.

Bersepeda dapat menjaga berat badan, karena dapat membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

•      Menurunkan tingkat stres.

Ketika bersepeda tubuh akan menurunkan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Tidak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.

•      Menurunkan risiko terjadinya diabetes.

Kurangnya aktifitas olahraga menjadi salah satu faktor risiko penyebab diabetes. Bersepeda secara rutin merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dan mengelola kondisi diabetes.

Untuk mendapat manfaat bersepeda secara optimal, Anda dapat mengkombinasikan kegiatan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Berikut ini kiat agar bersepeda lebih aman :

•      Memeriksa kondisi bersepeda sebelum digunakan.

•      Menggunakan pelindung kepala, siku, dan lutut untuk meminimalisir luka dan cedera akibat jatuh dari sepeda.

•      Menggunakan pakaian khusus bersepeda dan menghindari pakaian longgar yang mudah tersangkut pada rantai sepeda.

•      Mematuhi peraturan lalu lintas dan memperhatikan kendaraan bermotor serta pejalan kaki di sekitar. Lebih baik menggunakan jalur khusus sepeda apabila tersedia.

•      Menghindari bersepeda jika kondisi polusi udara sedang tidak baik.

•      Sebaiknya membawa minuman saat bersepeda agar tidak kehausan dan dehidrasi.

 

Referensi :

Nurrahmah Khairunnisa, dkk. 2021. Tren Keluarga Bersepeda di Era New Normal. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Journal of Gender and Family Studies Volume 1 No. 2.

Aulia Rahma. 2021. Pengaruh Olahraga Sepeda terhadap Penurunan Berat Badan pada Dewasa Muda. Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains Volume 3 No. 1.

Qohhar Wildan. 2017. Dampak Bersepeda ke Sekolah terhadap Kebugaran Jasmani Siswa di SMA Negeri Se-Kota Serang. Stkip SITUS Banten. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga Volume 1 No. 1.