Selasa, 09 Agustus 2022 11:08 WIB

Cara Meningkatkan Work-Life Balance

Responsive image
1416
Dini Yulia, SKM, MARS - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

     Keseimbangan kehidupan professional dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi merupakan sebuah tantangan, namun ini sangatlah penting. Seringkali, pekerjaan lebih diutamakan daripada hal lain dalam hidup kita. Keinginan untuk sukses secara professional dapat mendorong seseorang untuk mengesampingkan kesejahteraan diri sendiri. Namun kenyataannya, banyak orang susah untuk memiliki kehidupan yang seimbang hingga berujung memicu munculnya rasa stress dan tertekan akibat banyaknya tekanan kerja di kantor. Padahal, memiliki kehidupan yang seimbang itu sangat penting untuk meningkatkan tidak hanya kesehatan fisik, emosional dan mental tetapi juga penting untuk peningkatan karir di pekerjaan.

Apa Itu Work-Life Balance , dan Mengapa Itu Penting?

     Work-Life Balance, Keseimbangan kehidupan kerja adalah sebuah cara bekerja dengan tidak mengabaikan semua aspek kehidupan kerja, pribadi, keluarga, spiritual, dan sosial. Memang untuk meraih keseimbangan kehidupan kerja terlihat susah. Keseimbangan ini dapat dimiliki seseorang saat dirinya sudah memiliki perasaan cukup waktu dan energi untuk melakukan semua aspek penting dalam hidupnya. Artinya, perlu keterampilan dalam membagi waktu agar seseorang dapat memiliki kehidupan yang seimbang.

     Jika seseorang memiliki kehidupan yang seimbang, maka kemampuan diri juga akan terus dilatih. Tentunya, keseimbangan dalam hidup akan memberikan dampak kesehatan, kesejahteraan, kesenangan, dan pertumbuhan diri menjadi lebih baik.

     Singkatnya, work-life balance adalah keadaan keseimbangan di mana seseorang sama-sama memprioritaskan tuntutan karir pekerjaannya dan tuntutan kehidupan pribadinya.

Beberapa alasan umum yang menyebabkan keseimbangan kehidupan kerja yang buruk meliputi:

•           Meningkatnya tanggung jawab di tempat kerja,

•           Bekerja overtime, lembur berkepanjangan,

•           Meningkatnya tanggung jawab di rumah

•           Ketika telah berkeluarga dan memiliki anak

     Keseimbangan kehidupan kerja yang baik, kata Chris Chancey, pakar karir dan CEO Amplio Recruiting, memiliki banyak efek positif, termasuk lebih sedikit stres, risiko kelelahan yang lebih rendah, dan rasa sejahtera yang lebih besar. Ini tidak hanya menguntungkan pegawai tetapi juga institusi.

Beberapa tips mudah mencapai work-life balance ini agar memiliki kehidupan yang lebih seimbang antara pekerjaan dan di luar pekerjaan :

1.    Atur jam kerja,

     Bekerja dengan cepat agar selesai tepat waktu juga penting untuk mengatur waktu antara pekerjaan dan kehidupan. Selalu melakukan pencatatan pekerjaan satu per satu sehingga tidak ada yang terlewat. Nantinya bisa menyelesaikan semua pekerjaan di kantor tepat waktu tanpa harus melakukan kerja tambahan.

2.    Lakukan olahraga dengan teratur,

     Berolahraga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Meskipun sudah seharian bekerja, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga untuk tetap menjaga kebugaran.

3.    Mengonsumsi makanan yang bergizi,

     Jangan lupa untuk makan dan minum yang sehat. Tubuh kita membutuhkan tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas di kantor. Dengan makanan yang sehat dan bergizi, akan memberikan tenaga yang baik untuk tubuh, sehingga kita dapat bekerja lebih efektif.

4.    Menolak yang tidak perlu,

     Ini berlaku di tempat kerja. Tolaklah tugas-tugas yang tidak termasuk job description Anda. Jika di rumah, hindari untuk menghadiri undangan yang tidak terlalu penting jika keluarga lebih membutuhkan perhatian.

5.    Membagi waktu dengan prioritas.

     Usahakan bekerja saat jam kerja, bermain dan berkumpul dengan keluarga di rumah, dan beristirahat saat jam istirahat. Hindari membawa pekerjaan kantor ke rumah dan sebaliknya menggunakan jam kantor untuk mengurus hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

     Mudahkan? Yuk, coba untuk mempunyai kehidupan yang lebih seimbang. Kita dapat menikmati kehidupan dengan lebih baik. Pekerjaan selesai dengan baik, badan tetap sehat, mempunyai waktu bersama keluarga, dan memiliki waktu hiburan, pasti kita semua ingin kehidupan yang seimbang, bukan?

Referensi :

1.    Marisa Sanfilippo,  Business News Daily Contributing Writer, How to Improve Your Work-Life Balance - businessnewsdaily.com

2.    Monica Permana,  Pentingnya Work-Life Balance dan Tips Mencapainya | GreatDay HR Blog