Selasa, 09 Agustus 2022 09:31 WIB

Apa Itu Tumbuh Daging Pada Mata

Responsive image
15969
dr. Ni Made Ayu Surasmiati, M. Biomed, Sp. M(K) - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Tumbuh daging pada mata atau pterygium adalah tumbuhnya selaput bening atau konjungtiva yang melapisi bagian putih mata. Selaput ini bisa mencapai bagian hitam mata atau yang dikenal dengan kornea mata. Tumbuh daging bisa mengenai satu mata ataupun keduanya. Umumnya tumbuh daging dapat terjadi pada bagian pojok dalam mata, namun dapat juga terjadi pada pojok luar mata. Beberapa kasus juga terjadi sekaligus di bagian pinggir dalam dan luar mata.

Tumbuh daging bukanlah suatu keganasan, dan jarang menimbulkan suatu masalah besar. Namun bila tumbuh daging sampai menutupi kornea mata maka akan menyebabkan penurunan kemampuan melihat seseorang. Tumbuh daging ini biasanya disertai keluhan mata merah, mata terasa kering, gatal dan perih. Terkadang juga dapat dikeluhkan sensasi seperti ada benda asing pada mata, mata terasa mengganjal sehingga membuat seseorang datang untuk memeriksakan matanya.

Penyebab dari tumbuh daging memang belum diketahui dengan pasti. Namun biasanya diderita oleh seseorang dengan aktivitas luar rumah yang tinggi. Tumbuh daging diistilahkan sebagai surfer’s eye karena umumnya terjadi pada orang dengan paparan sinar matahari yang sering. Selain itu kondisi mata kering, panas, debu dan angin juga menjadi pemicunya.

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata menggunakan alat khusus untuk menilai kondisi tumbuh dagingnya, apakah sudah terjadi iritasi atau tidak. Pemeriksaan tajam penglihatan juga wajib dilakukan. Tumbuh daging dapat menyebabkan perubahan kelengkungan kornea mata sehingga terjadi suatu astigmatisme atau mata silinder.

Umumnya pada derajat keparahan yang rendah, yaitu tumbuh daging belum melewati titik tengah kornea dan tidak menimbulkan keluhan, maka tidak perlu penanganan segera. Bila sudah terjadi mata merah iritasi, terdapat keluhan rasa tidak nyaman maka dapat diberikan obat tetes. Obat tetes bisa berupa kortikosteroid dan juga air mata buatan sebagai penyegar.

Tindakan pembedahan untuk menghilangkan tumbuh daging dapat dikerjakan jika dengan terapi tidak memberikan perubahan. Operasi juga dikerjakan bila tumbuh daging sudah mempengaruhi penglihatan. Operasi ini juga dikerjakan untuk alasan kosmetik.

Tumbuh daging ini dapat dicegah dengan memberikan perlindungan pada mata terhadap sinar matahari dan debu. Bisa menggunakan kacamata hitam atau topi. Pemberian tetes mata buatan juga bisa rutin dipakai untuk mengurangi keluhan mata kering dan tidak nyaman.

 

 

 

 

 

Referensi:

1. American Academy of Ophthalmology Staff. 2020. External Disease and Cornea. Basic and Clinical Science Course

2. Crick, R.P., and Khaw, P.T. A Textbook of Clinical Ophthalmology, a practical guide to disorders of the eyes and their management. 3rd ED