Selasa, 09 Agustus 2022 08:43 WIB

Trend Meniruskan Pipi dengan Buccal Fat Removal

Responsive image
6698
Dr.dr. IGN Darmaputra, SpKK (K) FINSDV, FAADV - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Buccal fat adalah kumpulan lemak di tengah pipi yang terletak di antara otot-otot wajah.  Setiap orang memiliki bantalan lemak di pipi yang bervariasi sehingga mempengaruhi bentuk wajahnya. Bantalan lemak yang besar dan tebal akan mengakibatkan wajah terlihat lebih bulat dan penuh. Stigma ‘pipi tembem’ kurang disukai oleh para perempuan masa kini. Dimana standar cantik adalah wajah tirus dengan facial feature yang tegas. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai buccal fat removal suatu prosedur tindakan pembedahan yang dewasa ini mulai banyak diperbincangkan.

1.      Apa itu penghilangan lemak bukal?

Penghapusan lemak bukal yang juga dikenal sebagai lipektomi bukal atau operasi pengecilan pipi dimana bantalan lemak bukal di pipi diangkat melalui pembedahan yang bertujuan untuk menipiskan pipi dan menentukan sudut wajah.

2.      Indikasi

•     Dalam keadaan kesehatan fisik yang baik. Tanda vital yaitu tekanan darah dan penyakit penyerta lain dipastikan tidak mengganggu prosedur tindakan sehingga meminimalkan komplikasi yang mungkin terjadi pasca operasi.

•     Memiliki wajah yang bulat dan penuh. Bentuk wajah yang bulat dipastikan merupakan akibat dari bantalan lemak pipi yang tebal.

•     Memiliki harapan yang realistis terkait operasi yang akan dijalani

•     Tidak merokok. Minimal 2-3 minggu sebelum dan sesudah prosedur untuk mengoptimalkan proses penyembuhan luka bekas operasi.

3.      Kontraindikasi

•     Memiliki wajah yang sempit. Jika wajah Anda secara alami tipis, operasi dapat menyebabkan pipi cekung seiring bertambahnya usia.

•     Mengalami atrofi hemifasial progresif (sindrom Parry-Romberg). Kelainan langka ini menyebabkan kulit di satu sisi wajah mengecil. Ini diketahui mempengaruhi bantalan lemak bukal.

•     Kondisi fisik dan medis yang tidak memungkinkan. Kondisi fisik untuk menjalani tindakan ini haruslah optimal. Kelainan pembekuan darah akibat konsumsi obat-obatan pengencer darah perlu dikoreksi sebelum tindakan.

 

 

 

Referensi :

Caio RT. Bichat’s Buccal Fat Pad Removal: Cheek Reduction Surgery. J Dent Health Oral Disord Ther 2017, 7:4.

Moura LB, et al. Buccal fat pad removal to improve facial aesthetics: an established technique?.Med Oral Patol Oral Cir Bucal. 2018 Jul 1;23 (4):e478-84.