Selasa, 09 Agustus 2022 08:02 WIB

Penanganan Awal Luka Bakar

Responsive image
10899
Dr.dr. IGN Darmaputra, SpKK (K) FINSDV, FAADV - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Luka bakar adalah jenis luka yang dapat terjadi kapan saja bagi siapa saja yang kontak dengan sumber panas seperti api atau minyak. Mulai dari juru masak, tukang las hingga pekerja yang menggunakan api listrik, ada risiko luka bakar.

Ada tiga jenis luka bakar: luka bakar superfisial, luka bakar tingkat dua, dan luka bakar tingkat tiga. Luka superfisial ditandai dengan kemerahan, nyeri dan bengkak. Luka hanya terjadi pada lapisan atas kulit. Luka kedua, di sisi lain, berada di lapisan terluar dari kulit yang rusak dan mengiritasi lapisan di bawahnya. Cirinya adalah munculnya gelembung-gelembung berisi cairan pada kulit. Lalu ada luka bakar tingkat tiga yang terjadi pada kulit hingga tulang dan organ dalam.

Luka bakar dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dari api hingga cipratan minyak goreng panas, sinar matahari, dan air aki Bila terjadi luka bakar, harus segera ditangani. Jika tidak diobati untuk waktu yang lama, dapat merusak jaringan kulit dan memperparah luka.

 

Tips Perawatan Pertama Pada Luka Bakar

1.    Saat panik ketika terpapar minyak panas, api atau terkena sumber luka bakar lainnya. Sering orang menggunakan pasta gigi atau es batu untuk mendinginkan luka, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Pertolongan pertama luka bakar adalah dengan menuangkan air suhu ruangan pada area yang terbakar selama 15 menit adalah pertolongan pertama pada luka bakar. Pilihan lain adalah menggunakan kompres es, tetapi tidak langsung ke kulit. Karena luka bakar yang lebih dalam akan terjadi jika suhu yang berhubungan dengan kulit terlalu dingin.

2.    Setelah air mengalir, maka langkah selanjutnya adalah perban dengan menggunakan kain lembut atau kapas yang telah dibasahi air dingin. Pemberian perban ini bertujuan untuk melindungi luka lepuh agar tak teriritasi dan terinfeksi

3.    Bila ada muncul gelembung maka jangan dipecahkan karena dapat membuat kulit menjadi infeksi

4.    Pakaian atau perhiasan yang melekat pada luka sebaiknya tidak dipaksa dilepas namun digunting perlahan

 

Setelah melakukan penangan awal luka bakar ini jangan lupa untuk tetap ke Rumah Sakit atau Dokter untuk mendapatkan penanganan perawatan luka.

 

 

 

Referensi:

Cuttle L, Pearn J, McMillan JR, Kimble RM. A review of first aid treatments for burn injuries. Burns. 2009 Sep;35(6):768-75. doi: 10.1016/j.burns.2008.10.011. Epub 2009 Mar 9. PMID: 19269746.

Hudspith J, Rayatt S. First aid and treatment of minor burns. BMJ. 2004;328(7454):1487-1489. doi:10.1136/bmj.328.7454.1487