Jumat, 05 Agustus 2022 10:27 WIB

7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Responsive image
68521
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

            Jeruk nipis atau yang dalam bahasa latin Citrus aurantifolia telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat.Umumnya jeruk nipis digunakan sebagai bahan pelezat makanan terutama makanan berkuah seperti soto, sop, mie  ataupun dengan sambel karena dapat menambah cita rasa seperti asam dan rasa segar. Sebelum membahas manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu zat apa saja yang terkandung dalam 100 gram  jeruk nipis.

·         Energi 44 kalori

·         Protein 0,5 gram

·         Lemak 0,2 gram

·         Karbohidrat 10 gram

·         Serat 0,4 gram

·         Kalsium 18 miligram

·         Fosfor 22 miligram

·         Zat besi 0.2 miligram

·         Natrium 3 miligram

·         Kalium 108,9 miligram

·         Tembaga 0,06 miligram

·         Zinc 0,1 miligram

·         Beta karoten 23 mikrogram

·         Tiamin (Vitamin B1) 0,01 mikrogram

·         Riboflavin (Vitamin B2) 0,03 mikrogram

·         Niacin (Vitamin B3) 0,2 mikrogram

·         Vitamin C 20 mikrogram

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

1.      Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit. Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2.      Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah.

3.      Mengatasi gangguan saluran pernapasan

Khasiat jeruk nipis yang cukup dikenal adalah membantu mengatasi serangan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan. Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk karena kandungan vitamin C dan minyak atsiri pada daging buahnya. Ekstrak minyak pada kulit jeruk nipis, yang mengandung kaempferol dan flavonoid, memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat uap.

4.      Menurunkan resiko terkena kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

5.      Menurunkan berat badan


Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat memperlancar pencernaan serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. Percepatan laju metabolisme tersebut berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak. Selanjutnya, metabolisme tubuh yang meningkat ini akan mengurangi penyimpanan lemak.

 

 

 

6.      Mencegah diabetes

Tingginya kadar serat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal tersebut mampu membantu mengurangi risiko lonjakan gula darah bagi penderita diabetes. Tak hanya itu, jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah yaitu ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah.

7.      Menjaga kesehatan kulit

Jeruk nipis memiliki sejumlah kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mulai dari vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen, hingga antioksidan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan. Sebuah studi terhadap tikus menemukan bahwa minum air jeruk nipis berdampak positif terhadap tanda-tanda penuaan, termasuk dengan mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen. Faktanya, manfaat jeruk nipis untuk wajah tak hanya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, tetapi juga untuk membantu mencerahkan kulit, meredakan jerawat, mengecilkan pori-pori, hingga menghilangkan kulit mati.

 

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/sehat/22-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan-wajah-dan-rambut-kln.html

https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-jeruk-nipis-bagi-tubuh/

https://jovee.id/9-khasiat-dan-manfaat-jeruk-nipis-bagi-kesehatan-anda/