Jumat, 05 Agustus 2022 10:24 WIB

Ketahui Dampak Negatif Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

Responsive image
23218
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

            Saat ini, media sosial sudah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tak dapat dipungkiri bahwa sosial media telah terintegrasi dengan kuat ke dalam kehidupan, tanpa terkecuali bagi masyarakat Indonesia baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa hingga yang sudah lanjut usia. Dengan sosial media. setiap orang dapat menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi sekaligus tetap terhubung dengan orang lain secara mudah. Namun dibalik itu semua, sosial media jika tidak digunakan dengan bijak dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan termasuk kesehatan mental mulai dari rasa cemas, kurang percaya diri ataukah membanding-bandingkan diri dengan pencapaian orang lain yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan depresi.

·         Dapat mengganggu kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas  berkaitan erat dengan kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan. Namun tidak jarang kita temui banyak orang yang berselancar di media sosial sebelum tidurdan ini adalah kebiasaan yang buruk, karena dengan begitu otak akan merasa segar sehingga manusia lupa akan waktu tidurnya. Hal tersebut disebabkan karena cahaya layar gadget mampu meniru sifat alami matahari yang memberi sinyal pada tubuh bahwa keadaan masih pagi.

Selain itu, cahaya gadget pun dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.

·         Bisa memicu hilangnya rasa percaya diri

Pengguna media sosial dapat menyebabkan hiangnya rasa percaya diri. Bagaimana ini bisa terjadi ? Di  media sosial, Ketika teman Anda mengunggah foto tentang kehidupan mewahnya, bukan tidak mungkin Anda akan merasa insecure atau tidak percaya diri hal ini mungkin dapat menyebabkan seseorang  cenderung membandingkan hidupnya dengan orang lain yang  mana hal tersebut dapat menimbulkan keraguan pada diri sendiri, rasa tidak berharga serta iri hati yang ujung-ujungnya akan membuat Anda depresi dan mengalami gangguan mental.

·         Menimbulkan kecanduan

Awalnya, kita membuka media sosial hanya untuk mengisi waktu luang, mengatasi kebosanan dsb. Namun seiring dengan semakin seringnya kita membuka media sosial hal ini akan menimbulkan rasa ketagihan bahkan merasa kurang atau bahkan merasa cemas jika tidak membuka media sosial dalam seharinya.

·         Dapat memicu terjadinya cyberbullying

Media sosial dapat memberi kesempatan kepada individu untuk memulai atau menyebarkan desas-desus berbahaya dan menggunakan kata-kata kasar yang dapat meninggalkan luka emosional yang bertahan lama bagi orang lain.

·         Dapat membuat otak kurang konsentrasi,tidak fokus serta mengurangi kemampuan daya ingat

Ketika kita menggunakan handphone dalam jangka waktu yang lama, ini bisa mengganggu kerja sistem otak kita yang membantu dalam berkonsentrasi. Disamping itu, menghabiskan waktu terlalu banyak pada gadget akan mengurangi perhatian terhadap aspek-aspek lain dalam suatu pengalaman yang bisa ditangkap oleh indera kita seperti ketika mengunjungi suatu tempat, pengguna media sosial cenderung terfokus pada bagaimana agar mendapatkan foto yang bagus untuk diposting tetapi melupakan momen-momen yang diambil oleh kedua mata secara langsung.

 

Sumber :

 https://www.idntimes.com/health/ -dampak-buruk-media-sosial-bagi-kesehatan-mental-dan-fisik-

https://id.theasianparent.com/dampak-negatif-media-sosial

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-dampak-negatif-sosial-media-bagi-kesehatan-mental