Jumat, 05 Agustus 2022 08:19 WIB

Benda Asing pada Kelopak Mata

Responsive image
1156
Dr. dr. Vera Sumual, Sp.M(K) - RSUP Prof. dr. R.D. Kandou Manado

Saat melakukan aktifitas di luar ruangan, mata sangat rentan untuk terpapar benda asing misalnya debu, pasir, serpihan besi dan lain-lain. Tidak jarang benda asing tersebut menyebabkan keluhan pada mata seperti rasa tidak nyaman, mengganjal bahkan nyeri saat berkedip sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Benda asing pada mata dapat ditemukan pada bagian dalam kelopak mata.

Jika anda mengalami kondisi seperti ini, segera keluarkan benda asing tersebut karena dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan pada mata. Untuk mengeluarkan benda asing anda harus mengetahui letaknya terlebih dahulu. Kemudian anda dapat mengeluarkan benda asing dengan membenamkan mata ke dalam air. Hindari untuk mengucek mata dan menggunakan alat-alat yang dapat melukai mata.

Benda asing yang terletak sangat dalam dan sulit untuk dikeluarkan sendiri perlu bantuan dokter terutama spesialis mata. Dokter akan melakukan penanganan dengan mengeluarkan benda asing dengan pemberian bius lokal berupa tetes mata sehingga mengurangi rasa nyeri saat dilakukan tindakan.

Untuk mencegah masuknya benda asing ke mata anda dapat menggunakan alat pelindung mata / kacamata saat bekerja atau berkendara. Anda juga dianjurkan untuk kontrol ke dokter bila terdapat keluhan yang bertambah berat, seperti mata bertambah merah, bengkak, atau disertai dengan penurunan penglihatan.

Referensi:

Mwangi, N., & Mutie, D. M. (2018). Emergency Management: Penetrating Eye Injuries and Intraocular Foreign Bodies. Journal of Community Eye Health. 31(103), pp. 70–71.

McGrattan, J. Netdoctor UK (2019). Foreign Object in The Eye: What to Do If You Get Something in Your Eye.

Bedinghaus, T. Verywell Health (2019). How To Remove A Foreign Object From Your Eye.

Giorgi, A. Healthline (2016). Foreign Object in The Eye.

PB IDI. Panduan Praktik Klinis: Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer. Edisi 1. 2017.

Harajab NY. Ikhssani A. Laporan Kasus: Corpus Alienum Konjungtiva Okuli Sinistra. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2021;3(2).