Kamis, 04 Agustus 2022 15:42 WIB

Mengintip Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Responsive image
307809
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Bunga telang secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria ternatea. Tanaman ini bunga berwarna biru cerah dan ungu yang khas, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu. Tidak akan ada yang menyangka bahwa bunga yang sering dijadikan tananam hias ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya, simak penjelasan berikut.

1.    Baik untuk kesehatan otak

Kembang telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Tak hanya itu, kembang telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

2.    Membantu memperbaiki mood/ suasana hati

Minum teh bunga telang dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.


3.  Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut

Bunga telang mengandung bioflavonoid dan anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

4.    Mengandung antioksidan

Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga manfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

6.  Mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung

Jika Anda mempunyai kondisi tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bunga telang karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.Alasannya adalah karena senyawa antosianin juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri.Semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat membuat teh bunga telang, caranya petik 10 kelopak bunga tersebut lalu seduh dan rendam selama 15 menit di dalam air panas. Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum. Namun sebelum anda mengonsumsi bunga telang sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi  bunga telang memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan dapat memicu mual dan diare. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi bunga telang. 

 

Sumber :

https://www.sehatq.com/artikel/7-manfaat-bunga-telang-si-cantik-yang-menyehatkan

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan

https://kesehatan.kontan.co.id/news/efek-samping-dan-manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan