Kamis, 04 Agustus 2022 15:10 WIB

Mengenal Berbagai Manfaat Kentang Untuk Kecantikan

Responsive image
11173
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat dan zat lain yang penting bagi tubuh. Tidak hanya itu  kentang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Apa saja manfaat kentang untuk kecantikan dan bagaimana caranya, yuk simak penjelasan berikut.

1.    Mencerahkan kulit

Supaya kulit menjadi cerah, manfaatkan kentang di dapur sebagai olesan pada kulit. Caranya dengan mencampurkan kentang dengan yogurt atau jus lemon atau madu, kemudian oleskan pada wajah. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2.    Mengatasi penuaan dini

Nutrisi dalam kentang cocok untuk dijadikan sebagai perawatan anti kerut. Caranya, buatlah masker dari jus kentang, aplikasikan ke wajah secara merata. Jika digunakan secara rutin akan menyamarkan garis halus yang muncul di wajah. 

3.    Menghilangkan mata panda

Manfaat kentang selanjutnya adalah mengatasi lingkar hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda, caranya sangat mudah yaitu dengan mengupas kentang dan iris dengan potong besar. Setelah mengirisnya, kentang dibungkus dengan kain bersih lalu tempelkan pada lingkaran hita. di bawah mata selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4.    Meningkatkan produksi kolagen

Kentang yang dikenal dengan kandungan vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, serta fosfor sangat bermanfaat, serta bisa membantu meremajakan produksi kolagen di kulit.

5.    Menyamarkan bekas jerawat

Menyamarkan bekas jerawat juga dipercaya sebagai manfaat kentang untuk wajah. Bekas jerawat yang muncul memang sering kali menjadi noda kehitaman. Kondisi ini yang kerap mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Meski disebut-sebut dapat menyamarkan bekas jerawat, belum ada hasil studi yang membuktikan manfaat masker kentang satu ini. 

6.    Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kulit yang sering terpapat sinar matahari secara perlahan akan terlihat kusam seperti terbakar. Masker kentang menjadi salah satu cara untuk mendinginkan wajah dan membantu membuatnya cerah kembali. Aplikasikan masker kentang secara rutin dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Sumber :

https://www.sehatq.com/artikel/apa-manfaat-kentang-untuk-wajah-anda

https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-422538227/7-manfaat-kentang-untuk-kecantikan-salah-satunya-mencegah-penuaan-dini?page=3

https://www.brilio.net/wow/tak-cuma-buat-dimakan-ini-6-manfaat-kentang-buat-kecantikan-180607j.html