Kamis, 23 Juni 2022 23:45 WIB

Mengenal Nomophobia dan Cara Mengatasinya

Responsive image
6749
Vina Puji Rahayu - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Pada zaman modern seperti saat ini ponsel merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang. Dengan menggunakan ponsel kita bisa mengakses segala hal yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel juga memiliki fitur yang berguna seperti mengakses internet, memutar musik, hingga bermain game.

Sekarang ini sangat sulit bagi kita menemukan orang yang tidak memegang ponsel. Bagi sebagian orang ponsel merupakan barang penting yang wajib dibawa kemanapun. Bahkan tak hanya ketika pergi keluar rumah saja, terkadang bagi sebagian orang juga membawa ponsel ketika sedang ditoilet, sedang mandi, atau ketika akan tidur. Saat tidak membawa ponsel dalam genggamannya orang tersebut akan mengalami cemas, galau, bahkan stres. Kondisi tersebut juga dikenal dengan istilah nomophobia (No Mobile Phone Phobia). Nomophobia merupakan suatu kondisi ketakutan yang muncul saat lupa atau tidak membawa ponsel. Apabila kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus tentunya bisa berdampak pada kesehatan mental kita. Sebelum hal itu terjadi, kita bisa mencegahnya dengan melakukan berbagai hal sebagai berikut:

1.    Matikan Ponsel

Bagi seorang nomophopia mematikan ponsel merupakan hal yang sangat ditakuti. Namun jika kamu ingin berubah, kamu perlu memaksa diri untuk melakukannya. Kamu bisa memulai dengan mematikan ponsel selama beberapa menit. Apabila hal tersebut dilakukan secara rutin, maka kebiasaan memakai ponsel akan berkurang serta tidak akan mendapatkan distraksi dari ponsel.

2.    Cari Benda Atau Kegiatan Yang Dapat Menggantikan Ponsel

Melepas diri dari ponsel atau gadget bukanlah hal yang mudah. Kebiasaan ini memiliki dampak negatif saat bekerja atau melakukan kegiatan. Salah satu cara untuk mengurangi ketergantungan pada ponsel adalah dengan mencari alternatif. Tentunya akan lebih mudah untuk mengurangi ketergantungan ketika kamu memiliki benda atau aktivitas tang dapat menggantikan ponsel. Misalnya, kamu bisa memilih buku untuk dibaca atau menulis jurnal.

3.    Tinggalkan Ponsel Saat Makan Siang

Selama istirahat makan siang cobalah untuk fokus pada makan siangmu dan menjauh dari ponsel. Makan siang juga merupakan waktu yang tepat untuk mengobrol dengan rekan kerja. Jadi ketika kamu sedang makan siang, jauhi ponsel dan gadget lainnya agar memudahkan kita mengurangi ketergantungan.

 

 

Referensi Artikel:

1.    https://www.sehatq.com/artikel/nomophobia-adalah-ketakutan-tidak-bisa-menggunakan-ponsel-bisakah-diatasi

2.    https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/ciri-ciri-nomophobia-pada-remaja-dan-cara-mengatasinya

3.    https://www.merdeka.com/jateng/5-gejala-nomophobia-dan-cara-mengatasinya-perlu-diketahui-kln.html

4.    https://hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/nomophobia/

5.    https://glints.com/id/lowongan/nomophobia-saat-bekerja/#.YkQFANJBy1s