Kamis, 04 Agustus 2022 10:35 WIB

Peran Teknologi Informasi dalam Kehidupan Manusia

Responsive image
5110
Ahmad Saryono, A.Md - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak yang cukup signifikan dalam kehidupan manusia. Sejak diketemukannya komputer peradaban dunia telah memasuki era informasi. Pemrosesan informasi berbasis komputer mulai dikenal orang dan hingga sekarang ini sudah banyak perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai alat pengolah data untuk mengasilkan informasi.

Pengaruh kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi, seperti penggunaan telepon, faksimile, komputer dan satelit dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan atau instansi. Teknologi informasi menungkinkan orang untuk memperoleh informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah.

Kebutuhan akan informasi yang andal dan terintegrasi dikemas secara praktis, cepat, tepat dan akurat sehingga akan membantu dalam hal perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu organisasi maupun instansi, harus disadari bahwa lingkungan usaha akan selalu berubah, termasuk teknologi informasi yang juga mengalami perkembangan.

Dengan berkembangnya teknologi informasi tersebut mengakibatkan perubahan-perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, tidak luput juga dalam hal manajemen aset. Dilansir dari (https://ekonomi.bisnis.com) Menteri Keuangan Sri Mulayani mengatakan bahwa kehadiran teknologi informasi memberikan banyak sekali pilihan imajinasi yang bisa memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari dan perlu menggunakan imajinasi tersebut dalam membangun suatu sistem yang diinginkan supaya optimal dalam membantu pelaksanaan tugas.  

Seyogyanya kehadiran teknologi informasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan maupun instansi, seperti mampu meringankan aktivitas usaha maupun dalam mengembangkan tugasnya dan pelayanan publik yang kompleks serta menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji dalam rangka perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan  manajemen.  

 

 

Sumber Foto: https://www.nesabamedia.com/peran-iptek-dalam-kegiatan-ekonomi/

Referensi:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190724/10/1128170/menkeu-sri-mulyani-dorong-digitalisasi-pengelolaan-aset-negara