Rabu, 09 September 2020 10:49 WIB

RSUP HAM Gelar Pemeriksaan Kesehatan Paslon Pilkada Sumut 2020

Responsive image
(*/swt) - RSUP H. Adam Malik Medan
562

MEDAN - Hari ini, Rabu (9/9/2020) Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) mulai mengadakan Pemeriksaan Kesehatan kepada Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara Tahun 2020. Tepat pukul 07.30 wib, rangkaian Pemeriksaan Kesehatan dimulai, diawali dengan registrasi dan  pengisian general agreement oleh para peserta.

Adapun rangkaian Pemeriksaan Kesehatan bagi Paslon meliputi pemeriksaan jasmani (USG, laboratorium, rontgen, mata, penyakit dalam, bedah, urologi, gigi dan mulut, orthopaedi, THT, jantung, neurologi, paru dan obgyn), pemeriksaan psikiatri serta pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan hari Jumat (11/9/2020), setelah sebelumnya menyelesaikan tahapan pemeriksaan rohani oleh HIMPSI pada hari Selasa (08/09/2020). Para Paslon yang menjalani Pemeriksaan Kesehatan ini telah melakukan pemeriksaan SWAB dan dinyatakan negatif dari virus Covid-19.

Disampaikan Direktur Utama RSUP HAM, sebanyak 42 orang Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari sembilan Kabupaten/Kota mengikuti  pemeriksaan kesehatan pada hari ini, selanjutnya pada hari kedua sebanyak 48 orang dan hari ketiga sebanyak 20 orang. Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan secara khusus dipusatkan di Gedung Paviliun RSUP HAM.

“Pemeriksaan kesehatan para pasangan calon, kami tempatkan di tempat khusus yaitu Gedung Paviliun yang jauh dari lokasi pelayanan covid. Soal tambahan waktu ada. Akan ada tambahan waktu tersendiri nanti sekitar empat belas hari mendatang. Itu untuk sekitar enam orang yang terkendala perihal hasil test PCR Swab,” kata dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

Selain dari 110 orang Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah dijadwalkan tersebut, masih ada Paslon yang menunda jadwal pemeriksaan kesehatan karena status calon tunggal sehingga KPU setempat memperpanjang masa pendaftaran Paslon. Dan terkait hasil test PCR Swab beberapa orang yang dinyatakan positif covid-19, akan ada penambahan waktu paling cepat empat belas hari mendatang.

“Semua dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan ini adalah dokter ahli dari Adam Malik. Jumlahnya 85 orang dokter ahli. Pemeriksaan kesehatan ini tiga kelompok,” tambahnya.

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan yang diadakan di Rumah Sakit terstandar internasional ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemeriksaan ini dilayani oleh tim pemeriksa kesehatan RSUP HAM berjumlah ratusan orang, yang terdiri dari dokter spesialis, perawat, tenaga kesehatan lainnya dan panitia yang diketuai oleh dr Edy Ardiansyah Sp.OG (K).