Selasa, 20 Agustus 2024 16:06 WIB

RSPG Gelar Webinar Bingkisan Menuju Indonesia Emas 2045

Responsive image
IR - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
2

Bogor (16/08) - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dan HUT ke-96 RSP Goenawan Partowidigdo, RSP Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor kembali menyelenggarakan Webinar Bincang Kesehatan Insan Tenaga Kesehatan (BINGKISAN) Series #2 dengan tema "Menuju Indonesia Emas 2045, Mewujudkan Era Bebas Tuberkulosis". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian tuberkulosis (TB) di Indonesia.

Webinar yang diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk tenaga Kesehatan (Nakes), akademisi, dan Profesi Nakes lainnya, dibuka oleh Direktur Utama RSP Goenawan Partowidigdo, dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi dalam upaya mencapai Indonesia Emas 2045 yang bebas dari TB. Dimana webinar yang ber SKP Kemenkes RI dengan kuota sebanyak 31.700 dan sebanyak 28.986 peserta yang terdaftar dan tercatat dalam Platform Zoom, Sistem Manajemen Pembelajaran atau Learning Management System (LMS) Plataran Sehat https://lms.kemkes.go.id/ dan live streaming melalui platform You Tube.

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber dokter spesiais yang kompeten di bidangnya, yaitu: dr. Koko Harnoko, Sp.P, FISR, dr. Neni Sawitri, Sp.P(K), FISR, dr. Iin Maemunah, Sp.MK dan dr. David Ririmasse, Sp.Rad. Dengan pokok bahasan: Strategi Indonesia bebas Tuberkulosis, Update penatalaksanaan TB Paru, Pemeriksaan test cepat molekuler (TCM) sebagai pemeriksaan standar TB Paru dan Penggunaan x-ray mobile pada screening pemeriksaan TB Paru.

Webinar ini juga menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam penanganan TB. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para narasumber, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap isu kesehatan ini.

Dengan semangat HUT ke-79 RI, RS Paru Goenawan Partowidigdo berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam pengendalian tuberkulosis. Melalui kegiatan seperti webinar ini, diharapkan dapat terwujud masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari penyakit TB.

Acara Webinar BINGKISAN ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua peserta untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungan serta berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang bebas dari tuberkulosis. Dengan langkah-langkah yang tepat dan kolaborasi yang solid, cita – cita Indonesia Emas 2045 dapat tercapai.