Senin, 19 Agustus 2024 09:34 WIB

Bupati Gunung Kidul Tandatangani Komitmen Pemindahan/Redistribusi Kepesertaan JKN di FKTP

Responsive image
rfs - Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer
9

Wonosari (15/08) – Bupati Gunung Kidul Mayor Chb. (Purn.) H. Sunaryanta menandatangani Pernyataan Komitmen Pemindahan/Redistribusi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Gunung Kidul. Acara ini  dihadiri oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer (PKP), dr. Obrin Parulian, M.Kes, dan berbagai pejabat terkait.

Penandatanganan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat pelayanan kesehatan primer melalui pemindahan/redistribusi peserta JKN sebagai bagian dari kebijakan transformasi sistem kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan dengan memperluas jangkauan layanan kesehatan serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Bupati Sunaryanta menyambut baik program ini dan menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat serta pemetaan yang tepat untuk memastikan kesediaan peserta. “Redistribusi ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan,” ujar Bupati.

Direktur PKP, dr. Obrin Parulian, M.Kes, mengapresiasi pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Gunung Kidul yang mencapai 102?n mendukung pemberdayaan FKTP swasta untuk meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan.

Sebagai bagian dari proses pemindahan/redistribusi, peninjauan dilakukan ke beberapa FKTP, termasuk Klinik Pratama Rawat Inap Multazam, Puskesmas Wonosari 1, Puskesmas Saptosari, dan Puskesmas Panggang 2, untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dalam melayani peserta JKN.