Sabtu, 17 Agustus 2024 16:01 WIB

Kementerian Kesehatan dalam Harvesting Gerakan BBI dan BBWI Provinsi Kalimatan Tengah

Responsive image
NRI/ROY - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
31

Palangka Raya – Harvesting Gerakan BBI dan BBWI Provinsi Kalimatan Tengah yang diselenggarakan di Kota Palangkaraya merupakan kolaborasi antara Kementerian Kesehatan sebagai campaign manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Bank Indonesia dengan tema HARVESTING BBI/BBWI dalam Pesona Tambun Bungai.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E.,M.A.,Ph.D. tersebut bertempat di GPU Tambun Bungai dan Stadion Sanaman Mentikei Kota Palangkaraya dan diselenggarakan tanggal 14-17 Agustus 2024.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI turut berperan aktif dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik. Pada akhir 2023, realisasi belanja produk dalam negeri oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan BUMN telah mencapai hampir Rp1.350 triliun, meningkat dari Rp749 triliun pada 2022. Tidak hanya itu, jumlah wisatawan nusantara juga meningkat hampir 13% mencapai 825 juta kunjungan wisata nusantara pada 2023.

“Angka ini menunjukkan bahwa kesadaran penggunaan produk dalam negeri dan mengunjungi objek wisata dalam negeri telah meningkat di seluruh lapisan masyarakat,” ujar Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin dalam pesan video pada peresmian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Wilayah Indonesia (BBWI) Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (14/8).

Sebagai campaign manajer, Menkes mengatakan, Kemenkes berkomitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak guna memajukan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah. Kolaborasi dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan UMKM, seleksi dan kurasi UMKM, promosi, pameran offline, dan kegiatan harvesting.

Kementerian Kesehatan telah melatih 410 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalimantan Tengah dalam bidang digital Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di wilayah Indonesia (BBWI) Provinsi Kalimantan Tengah. Pelatihan tersebut telah dilakukan secara daring, luring dan hybrid pada bulan Juni-Juli 2024.

Pada kegiatan Harvesting tersebut, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan bekerja sama dengan Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) menyediakan layanan periksa mata gratis bagi pengunjung yang turut hadir memeriahkan acara itu.