Senin, 18 Maret 2024 23:28 WIB

Penguatan RSO Soeharso Surakarta Sebagai Hospital Based College Spesialis Ortopedi

Responsive image
Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
109

Surakarta (14/03) - Bertempat di Ruang Rapat Direksi Lantai 2, Direktur Utama RSO Soeharso Surakarta bersama Jajaran Direksi, Ketua Komite Medik, Kepala KSM Ortopedi, dan Tim Kerja menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya, S.H., SKM., MARS. Untuk penguatan RSO Soeharso Surakarta sebagai Hospital Based College Program Pendidikan Dokter Spesialis Ortopedi. Diawali dengan paparan kesiapan RSO Soeharaso dalam program tersebut, oleh Direktur Utama, Dr dr. Romaniyanto, SpOT (K) Spine MARS. Dalam paparan tersebut disampaikan RSO sudah menyusun kurikulum berdasarkan kurikulum dari kolegium ortopedi berikut 6 RS Jejaring Pendidikan Spesialis Ortopedi yang sudah sepakat menandatangani MoU berikut anggaran yang dibutuhkan setiap peserta didik selama menempuh pendidikan.

Selanjutnya Dirjen Pelayanan Kesehatan dalam arahannya, nantinya akreditasi program studi ortopedi diharuskan dari ARSPI (Asosiasi RS Pendidikan Indonesia), ke depan RSO juga bisa mengembangkan program studi yang lain seperti Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi maupun Spesialis Anestesi. RSO Soeharso mulai saat ini harus menyiapkan Panitia Seleksi yang akan diusulkan ke Dirjen Tenaga Kesehatan. Program Studi Spesialis Ortopedi akan di mulai pada Bulan Juli 2024.

Diakhir kunjungannya, Dirjen Yankes juga menyampaikan apresiasi terhadap pengelolaan keuangan di RSO Soeharso Surakarta karena mampu menjadi salah satu RS UPT Kemenkes yang sudah tidak mendapatkan bantuan APBN untuk biaya operasionalnya.