Rabu, 07 Februari 2024 16:42 WIB

Wakil Menteri Kesehatan RI Kunjungi Layanan Eksekutif RSUP HAM

Responsive image
ade - RSUP H. Adam Malik Medan
87

Medan (07/02) – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD PhD datang berkunjung ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM). Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) bersama jajaran direksi dan manajemen turut mendampingi dr Dante ketika mengunjungi pelayanan kesehatan di Instalasi Pelayanan Eksekutif, Gedung Paviliun RSUP HAM.

Dalam kunjungan ini, dr Dante yang didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dr Andi Saguni MA itu hadir ke sejumlah ruang pelayanan eksekutif di Gedung Paviliun. Di antaranya, layanan Medical Check-Up (MCU), Poliklinik Eksekutif, hingga ruang rawat inap VVIP dan VIP yang berada di gedung tersebut.

Dr Dante berharap RSUP HAM bisa terus mengembangkan layanan eksekutif yang diperuntukkan bagi pasien non-JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) ini untuk menghadapi persaingan dengan rumah sakit swasta. Meski begitu, dia mengingatkan bahwa program ini dilakukan tanpa melupakan peningkatan kualitas layanan bagi pasien JKN atau BPJS.

“(Layanan) BPJS-nya kualitasnya naik, ruang VIP juga sama kayak rumah sakit swasta. Sehingga akhirnya bisa memperoleh rumah sakit yang maju, bagus, dan diminati oleh masyarakat,” ungkap dr Dante. Ini sendiri sesuai dengan Inisiatif Transformasi Rumah Sakit Vertikal, yaitu salah satunya adalah Inisiatif Peningkatan Layanan Non-JKN.

Seperti diketahui, pada Inisiatif Peningkatan Layanan Non JKN, seluruh rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan RI diharapkan memiliki layanan poliklinik eksekutif yang kompetitif dengan rumah sakit swasta. Sehingga, ini akan menjadi revenue center bagi rumah sakit yang selaras dengan peningkatan pendapatan untuk pengembangan rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, dr Dante juga sempat berbincang dengan sejumlah pasien yang dirawat di Gedung Paviliun RSUP HAM dan para tenaga kesehatan yang bertugas di ruang pelayanan tersebut. “Mudah-mudahan cepat sembuh, cepat sehat ya, Pak,” ucap dokter spesialis penyakit dalam itu ketika berbinjang dengan salah seorang pasien.

Kunjungan dr Dante ini berlangsung selama sekitar satu jam. Selain jajaran manajemen RSUP HAM, turut hadir pula para pimpinan dari Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI yang berada di Kota Medan. Selanjutnya, dr Dante beranjak ke lokasi lain untuk mewakili Menkes RI dalam kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Sumatera Utara pekan ini.