Jumat, 13 Oktober 2023 15:10 WIB

RSUP HAM Dipercaya Sebagai Penyelenggara Magang bagi Lulusan Poltekkes Kemenkes RI

Responsive image
humas/ade - RSUP H. Adam Malik Medan
278

Medan (12/10) – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dipercaya sebagai salah
satu Rumah Sakit Vertikal penyelenggara program magang bagi setiap lulusan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) RI. Program ini diikat dalam bentuk kerja sama, di mana penandatanganan MoU antara Rumah Sakit Vertikal dengan Poltekkes Kemenkes RI difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI telah dilaksanakan di Batam pada Kamis (12/10/2023).

Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi salah satu bentuk dukungan RSUP HAM sebagai Rumah Sakit Vertikal Kemenkes RI dalam sinergisme Poltekkes Kemenkes RI dengan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mewujudkan tenaga kesehatan yang kompeten dan unggul di Indonesia.

“RSUP HAM sebagai rumah sakit yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, juga berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan dalam bidang kesehatan,” ucap dr Zainal di sela-sela kegiatan penandatanganan  MoU dalam Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI itu.

Melalui program magang ini, maka setiap lulusan Poltekkes Kemenkes RI akan mendapatkan kesempatan untuk menambah wawasan dan pengalaman praktis melalui kegiatan riil di lingkungan Rumah Sakit Vertikal. Dengan demikian, para tenaga kesehatan yang baru lulus itu diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya di masa mendatang. 

RSUP HAM sendiri akan menjadi penyelenggara program magang bagi lulusan dari Poltekkes Kemenkes Aceh dan Poltekkes Kemenkes Medan. Setiap lulusan nantinya akan mendapatkan kesempatan magang selama satu tahun di RSUP HAM, dan kemudian akan menerima sertifikat jika dinyatakan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh satu-satunya rumah sakit kelas A di  Sumatera Utara tersebut.

Sementara itu, dalam Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan tersebut, dr Zainal juga berkesempatan menyampaikan presentasi terkait dengan implementasi magang lulusan Poltekkes Kemenkes di Rumah Sakit Vertikal, dalam hal ini khususnya di RSUP HAM. Presentasi tersebut disampaikan di hadapan para Direktur Poltekkes dan Direktur Rumah Sakit Vertikal di lingkungan Kemenkes RI.