Rabu, 27 Maret 2024 12:18 WIB

Cara Mudah dan Aman Pemberian Makan Melalui Selang NGT

Responsive image
263
Arief Wibowo, S.Kep., Ners - RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

Nutrisi menurut World Health Organization (WHO) adalah kandungan zat gizi seseorang yang diperoleh dari sumber makanan dan minuman yang berguna untuk kesehatan dan pembangunan sel tubuh. Nutrisi yang baik, berarti tubuh mendapatkan asupan yang tepat dari makanan sehat dalam kombinasi yang tepat. NGT (Naso Gastric Tube) adalah tabung atau selang karet atau plastik fleksibel yang dimasukkan melalui hidung, turun melalui kerongkongan, dan masuk ke perut.

Pada beberapa kondisi pasien membutuhkan pemberian makanan/nutrisi melalui NGT dalam jangka waktu lama seperti pada pasien kesulitan menelan/disfagia, kanker di area kepala atau leher, pasien tidak sadarkan diri, dan malnutrisi sehingga pasien/keluarga harus paham bagaimana cara untuk memberi makan dengan selang NGT secara aman dan sesuai prosedur. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu : spuit/ alat suntik yang sesuai lubang NGT (50 cc lubang besar), gelas ukur, nutrisi /makanan, air matang yang sudah dingin.

Langkah pemberian makan lewat selang NGT :

  1. Cuci tangan dengan sabun
  2. Posisikan 45 °atau duduk
  3. Pastikan posisi selang dengan melihat batas ukuran yang masuk
  4. Tekuk tabung dan sambung ke spuit
  5. Kuras lambung dengan menarik pompa pendorong spuit secara perlahan untuk pastikan lambung telah kosong
  6. Mulailah berikan makanan lewat spuit yang terhubung dengan selang dengan posisi lebih tinggi
  7. Bilas air putih setelah selesai
  8. Lepas spuit dari selang NGT dan tutup selang NGT
  9. Pertahankan posisi yang sama selama satu jam
  10. Cuci tangan dan peralatan

Segera ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila NGT tercabut/terlepas dan atau cairan warna merah (darah) atau hijau saat menguras lambung.

Referensi

1.      Nasogastric Tube: What It Is, Uses, Types. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/24313-nasogastric-tube diakses 2 Maret 2024

2.      Nasogastric Tube. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK556063/ diakses 2 Maret 2024

Inayat F.Elsayed dkk. 2021. The Effect of Nasogastric Tube Feeding Educational Interventions on Critical Care Nurses' Knowledge and Performance. Mansoura Nursing Journal (MNJ) Vol.8.Special Issue-2021. ISSN : 2735 – 413X