Senin, 18 Maret 2024 11:55 WIB

Manfaat Zumba bagi Kesehatan

Responsive image
42
Promosi Kesehatan Tim Kerja Hukum dan Humas RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Zumba berasal dari kata zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez pada tahun 1990. Zumba adalah olahraga yang menggabungkan antara tarian salsa dan gerakan tari Latin. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi bagian gaya hidup. Olahraga Zumba dirancang untuk membakar banyak kalori lewat aktivitas aerobik dengan training interval yang ada di dalamnya. Jumlah kalori yang dibakar tergantung dari berat tubuh, jenis kelamin, tingkat kebugaran dan faktor fisik lainnya. Jenis latihan ini terinspirasi oleh musik dan merupakan kombinasi dari gerakan Amerika Latin berirama termasuk cumbia reggeaton, salsa dan merengue, di mana langkah-langkah aerobik utama digunakan dan dikombinasikan dengan ritme lain seperti hip hop, tari perut serta ritme India dan Afrika untuk memperkaya seluruh pekerjaan. Meskipun diperlukan koordinasi yang erat antara ritme dan gerakan di Zumba, latar belakang musik membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya ingat. Olahraga Zumba dirancang untuk membakar banyak kalori lewat aktivitas aerobik dengan training interval yang ada di dalamnya. Jumlah kalori yang dibakar tergantung dari berat tubuh, jenis kelamin, tingkat kebugaran dan faktor fisik lainnya.

Jenis-jenis Zumba

Keenam kategori tersebut mencakup Zumba untuk anak kecil dan remaja, wanita dan pria dewasa, hingga para lansia. Berikut penjelasan detailnya :

1.  Zumba Fitness

Zumba fitness memiliki kombinasi gerakan tempo cepat, maju mundur dan energik yang terinspirasi dari tarian asli latin yaitu “ tarian mengambil dunia oleh badai (that took the world by storm)”.

2.  Zumba Gold

Zumba Gold adalah program Zumba yang khusus disesuaikan dengan generasi yang lebih tua. Zumba Gold memiliki gerakan yang tidak cepat, Low- impact dan lembut.

3.  Aqua Zumba

Aqua Zumba adalah program kebugaran yang dilakukan di dalam air. Latihan ini adalah latihan cardio yang menggabungkan Zumba dengan olahraga di dalam air.

4.  Zumba Toning

Zumba Toning adalah program tarian energik yang berfokus pada tonus otot dan pembentukan tubuh. Latihan ini bagus untuk membentuk kekuatan tubuh dan otot tertentu.

5.  Zumbatomic

Zumbatomik adalah program Zumba khusus untuk anak-anak, dan merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan minat anak-anak berolahraga.

6.  Zumba in the Circuit

Zumba in the circuit ini menggabungkan fun dan semangat Zumba dengan power sirkuit training menggunakan interval waktu yaitu latihan yang sangat intens 30 menit yang bertujuan untuk membakar kalori dan meremajakan peserta.

Manfaat Zumba Bagi Kesehatan

1.   Menurunkan berat badan

Zumba yang merupakan kombinasi dari beberapa jenis tarian dengangerakan senam aerobik, sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Gerakan tarian dan senam yang teratur dan dinamis membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Hal ini memungkinkan pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Latihan Zumba tetap mengikuti kaidah-kaidah dasar senam aerobik diawali dengan pemanasan dandiakhiri dengan pendinginan sehingga risiko terjadinya cedera dapat dikatakan sangat kecil.

2.   Memperlancar aliran darah

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, manfaat latihan Zumba yang lain adalah lancarnya peredaran darah di dalam tubuh. Latihan ini dapat membuat aliran darah dari dan menuju jantung akan semakin lancar sehingga resiko penyakit yang disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dapat diminimalisir.

3.   Mengencangkan payudara

Latihan Zumba terbukti mampu mengencangkan payudara wanita. Latihan ini akan membuat payudara wanita tidak terlihat kendur.

4.   Memperbaiki saluran pernapasan

Latihan Zumba secara teratur dalam jangka waktu panjang akan membantu memperbaiki fungsi saluran pernapasan. Gerakan tarian yang digabungkan dengan gerakan-gerakan senam dapat membatu mengatur ritme napas sehingga fungsi saluran pernapasan akan semakin membaik.

5.   Mengatasi insomnia

Latihan Zumba dilakukan biasanya pada sore hari sehingga peserta akan merasa cukup capek pada malam harinya, sehingga tidur di malam hari akan menjadi lelap dan ketika bangun akan merasa segar.

6.   Menghilangkan stress

Latihan Zumba bermanfaat untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan stress akibat pekerjaan ataupun hal lainnya. Latihan Zumba membuatpeserta sejenak melupakan rutinitas sehari-hari sehingga level stress dapat ditekan.

7.   Mengembalikan mood yang baik

Prinsip dasar dari latihan atau senam Zumba adalah melakukan latihan dengan mayoritas gerakan tari. Artinya, latihan ini tidak akan membosankan. Sebaliknya, peserta akan merasa senang dalam melakukannya sehingga mood akan kembali pada level yang lebih baik.

8.   Mengencangkan otot

Selama melakukan gerakan Zumba, peserta akan menggerakkan lebih banyak otot. Saat bergerak, ada banyak gabungan gerakan kebugaran tradisional seperti squat dan lunge ke dalam gerakan senam Zumba. Gerakan inilah yang akan mengencangkan otot.

9.   Memperbesar interaksi sosial

Menghadiri kelas Zumba secara teratur akan membuat intensitas bertemu dengan banyak orang pun meningkat sehingga terjadi interaksi sosial.

 

Referensi :

Dewi, F. K., Sumekar, T. A., & Hardian, H. 2015. Pengaruh Latihan Zumba Terhadap Persentase Lemak Tubuh Pada Wanita Usia Muda (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Indreswari, L., Anggraeni, Y. D., & Normasari, R. 2020. Pengaruh Senam Zumba terhadap Rasio Lingkar Pinggang dan Pinggul WanitaJournal of Agromrdicine and Medical Sciences6(2), 67-70.

Amir, S., & Baharuddin, R. 2020. Efektifitas Senam Zumba Terhadap Penurunan Berat Badan Pada Member Athira StudioJIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH9(02), 134-139.

Sundari, S., Nugroho, W. A., & Yudha, R. P. 2020. Pengaruh Senam Zumba terhadap Perubahan Berat Badan pada Member Sanggar Senam PemudaJurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga4(1), 59-64.

Anggraini, R. 2022. Efektivitas Senam Zumba Terhadap Perubahan Berat Badan pada WanitaJurnal Kesehatan Olahraga10(01), 153-158.