Selasa, 16 Januari 2024 10:07 WIB

Apa Kandungan Bawang Hitam?

Responsive image
6121
Promosi Kesehatan, Tim Kerja Hukum dan Humas RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun konsumsi bawang putih mentah terbatas. Hal tersebut disebabkan karena bawang putih mentah memiliki aroma dan rasa yang menyengat karena mengandung senyawa organosulfur, sehingga membuat beberapa orang tidak nyaman. Terdapat berbagai metode pengolahan bawang putih mentah, seperti fermentasi dan pemanasan dalam waktu yang lama untuk menghilangkan bau yang menyengat, memberikan cita rasa manis, dan meningkatkan efek menguntungkan bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah bawang hitam yang merupakan produk olahan bawang putih, yang diperoleh dengan menjaga bawang putih segar pada suhu tinggi serta kelembaban terkontrol selama 60-90 hari tanpa bahan tambahan lain.

Bawang hitam adalah suatu jenis bawang yang telah melalui proses pemanasan dan fermentasi selama beberapa minggu atau bahwan beberapa bulan. Proses fermentasi dalam bawang mengubah warna dan konsistensi bawang putih menjadi hitam dan lebih lembut. Selama proses fermentasi bawang hitam menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak ditemukan pada bawang putih mentah, sehingga menghasilkan nutrisi yang lebih tinggi dan memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik.

Black garlic dapat diolah dari bawang putih mentah segar (Allium sativum) yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan juga dapat diolah dari bawang putih tunggal (bawang lanang). Bawang ini kemudian melalui proses fermentasi, dan penyimpanan pada suhu 60-77 derajat celcius selama minimal 7 hari. Selama proses fermentasi tersebut, bawang putih tersebut akan berubah warna menjadi hitam, dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal, serta rasa yang lebih manis. Banyak orang menganggap rasanya sama dengan asam jawa atau permen karamel yang agak manis dan asam.

Pembuatan Bawang Hitam

Bawang putih sebanyak 250 gram dipilih yang berukuran besar, tidak busuk, dan masih utuh menyatu dengan siung yang lain bukan yang pecah. Bawang putih dibiarkan tanpa dikupas dan dibiarkan dalam keadaan kering dan tidak lembab. Bawang putih dimasukan ke dalam rice cooker dan ditata tidak saling tindih untuk mencegah kerusakan bentuk bawang hitam. Rice cooker ditutup dan diatur dalam mode keep warm dan dibiarkan selama 12 hari. Setelah 12 hari, bawang putih dikeluarkan dan dipilih bawang hitam yang memiliki kulit siung tidak gosong dan bawang putih di dalamnya berwarna hitam dan kisut sehingga didapatkan bawang hitam.

Kandungan dalam Bawang Hitam

Bawang putih hitam memiliki kandungan gizi yang beragam yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam 100 gram bawang hitam adalah sebagai berikut :

1.      Energi : 143 kkal

2.      Karbohidrat : 14,29 gram

3.      Protein : 3,57 gram

4.      Lemak : 7,14 gram

5.      Serat : 3,6 gram

6.      Natrium : 571 mg

7.      Kalsium : 71 mg

8.      Vitamin C : 4,3 mg

9.      Zat besi : 1,29 mg

Bawang hitam juga banyak mengandung senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan. Fungsi utama antioksidan ini adalah melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas yang merupakan penyebab berbagai penyakit.

Manfaat Bawang Hitam

Manfaat bawang hitam untuk kesehatan yang didasarkan pada adanya kandungan nutrisinya terlihat di bawah ini :

1.      Mencegah penyakit kanker.

2.      Menjaga kesehatan jantung.

3.      Menjaga kesehatan otak.

4.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.      Mengontrol kadar gula darah.

6.      Melindungi organ hati.

 

Referensi  :

Purwanti, A. 2022. Pelatihan Pembuatan Bawang Hitam dengan Cara Fermentasi.

Saras, T. 2023. Mengenal Bawang Hitam: Khasiat, Manfaat dan Penggunaannya. Tiram Media.

Jurwita, M., Nasir, M., & Haji, A. G. 2020. Analisis Kadar Vitamin C Bawang Putih dan Hitam dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis. KOVALEN : Jurnal Riset Kimia, 6(3), 252-261.