Jumat, 08 Desember 2023 15:33 WIB

Mengenal Proteinuria

Responsive image
12107
Rina Nirmalasari,S.ST - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung

Proteinuria adalah suatu keadaan terdapatnya protein urin dalam jumlah yang melebihi 150 mg/hari atau pada anak-anak lebih dari 140 mg/hari. Biasanya proteinuria baru dikatakan patologis bila kadarnya melebihi 200 mg/hari pada beberapa kali pemeriksaan dalam waktu yang berbeda. Proteinuria terbentuk melalui pembentukan urin di dalam glomerolus, jika filtrasi di glomerolus mengalami kebocoran maka protein akan terbuang bersama urin sehingga menyebabkan proteinuria.

Berdasarkan klasifikasinya proteinuria dapat dikategorikan menjadi proteinuria glomerula, proteinuria tubular dan proteinuria karena produksi berlebih. Selain itu proteinuria dapat bersifat sementara (intermittent), ortostatik (timbul karena kelebihan aktivitas duduk atau berdiri) dan persisten (selalu ada). Pada proteinuria intermittent, proteinuria akan sembuh jika penyebabnya teratasi. Pada proteinuria ortostatik, ekskresi proteinuria akan normal ketika pasien berbaring dan akan meningkat ketika pasien duduk atau berdiri.

Pemeriksaan terhadap protein termasuk pemeriksaan rutin. Kebanyakan cara rutin untuk menyatakan adanya protein dalam urin (proteinuria) berdasarkan adanya kekeruhan karena padatnya atau kasarnya kekeruhan itu menjadi satu ukuran untuk jumlah protein yang ada. Pemeriksaan proteinuria dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan manual yaitu pemeriksaan semi kuantitatif dan kuantitatif.

1.     Pemeriksaan semi kuantitatif

  • Pemeriksaan carik celup. Jika kadar protein dalam urin lebih dari 10 mg/dl mengindikasikan proteinuria.
  • Pemeriksaan metode asam sulfosalisilat 20% (Interpretasi hasil ditunjukkan dengan timbulnya kekeruhan dengan cara menambahkan suatu asam pada urin).
  • Pemeriksaan metode asam asetat 10% (Interpretasi hasil mulai dari negarif sampai positif 4).

2.     Pemeriksaan kuantitatif

Berupa pengumpulan urin 24 jam, pemeriksaan ini lebih akurat untuk pemeriksaan proteinuria dengan nilai normal < 80>

Adapun pemeriksaan secara otomatis yaitu dengan menggunakan alat urine analyzer dapat menganalisis sampel dalam jumlah besar, dan memerlukan waktu yang relatif singkat dalam penyelesaiannya. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar protein urin (proteinuria) tinggi, ini bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan seperti :

  • Gangguan ginjal, meliputi infeksi ginjal atau infeksi saluran kemih, gagal ginjal akut maupun kronis, sindrom nefrotik dan glomerulonephritis
  • Ganguan jantung, meliputi gagal jantung, endokarditis dan penyakit jantung
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Penyakit limfoma Hodgkin
  • Gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan lupus
  • Preeklamsia
  • Malaria

Dengan demikian bahwa proteinuria dalam tubuh merupakan salah satu kondisi yang berbahaya dan perlu mendapatkan perhatian sedini mungkin. Untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat misalnya dengan istirahat yang cukup, memperhatikan kebiasaan minum dan rutin berolahraga.

 

Referensi:

Ariceta, G. (2011). Clinical practice. Proteinuria, Europen Journal of Pediatrics: 170: 15-20.      

Iseki K, Ikemiya Y, Iseki C, Takishita S, 2003. Proteinuria and the risk of developing end-stage renal disease. Kidney Int.

Jumaydha, D. (2016). Gambaran kadar protein dalam urin pada pekerja bangunan. Jurnal E-Biomedik (EBm),4 :5.

Srasinger & Di Lorenzo, M S. (2017). Urinalisis & Cairan tubuh. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sumber Foto : https://dokumen.tips/documents/makalah-carik-celupdocx.html