Senin, 27 November 2023 08:41 WIB

Mengenal Kepribadian Ambivert

Responsive image
862
Promosi Kesehatan, Tim Kerja Hukum dan Humas RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Tipe kepribadian merupakan suatu karakter atau tingkah laku yang khas pada diri seseorang. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya, tetapi dalam kepribadian manusia itu sendiri ada sikap atau sifat manusia yang membuatnya hidup secara individualisme di saat-saat tertentu. Sikap tersebut hadir di saat manusia menghadapi segala hal yang tidak mampu ia hadapi, di sinilah sikap tersebut muncul yaitu sikap manusia dimana manusia membutuhkan waktu untuk sendiri dan jauh dari keramaian. Kepribadian yang dimiliki oleh setiap manusia adalah suatu hal yang berbeda, yang artinya manusia dilahirkan dengan kepribadian yang berbeda-beda. Manusia yang suka menyendiri dikenal memiliki kepribadian yang introvert. Sedangkan manusia yang memiliki kepribadian ekstrovert digambarkan dengan manusia yang mudah dan senang bergaul dengan orang lain. Selain ke dua jenis tersebut, dikenal juga jenis kepribadian lain yang dikenal dengan kepribadian ambivert.

Tipe kepribadian ambivert sendiri merupakan tipe kepribadian yang dapat dikatakan sebagai tipe yang bisa menjadi introvert ataupun ekstrovert. Dimana tipe ini bisa menjadi seseorang yang senang bersosialisasi namun di sisi lain seorang ambivert juga bisa tiba-tiba menjadi seorang yang pendiam, jadi seorang ambivert ini bisa dikatakan bahwa ia bisa menempatkan dirinya dalam situasi-situasi yang berbeda. Tipe kepribadian ambivert ini juga dapat dikatakan sebagai penyeimbang dalam segala situasi karena tipe kepribadiannya tersebut yang bisa menempatkan dirinya dalam situasi yang berbeda, namun dibalik itu orang yang memiliki tipe kepribadian ambivert ini sering mendapat banyak hal yang menghambat terjadinya perubahan sifat dari orang yang memiliki tipe kepribadian ini sehingga ia membutuhkan dukungan yang kuat, memiliki banyak teman namun hanya memiliki beberapa teman dekat saja, sehingga tipe kepribadian ini bisa dikatakan sebagai suatu kepribadian yang kompleks.

Tipe kepribadian ini memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan tipe kepribadian lainnya salah satunya yaitu ia dapat mengubah karakternya sesuai dengan situasi yang sedang ia hadapi, dalam hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan dari pemilik tipe kepribadian ambivert, namun disisi lain tipe kepribadian ini pun juga memiliki kekurangan salah satunya yaitu tipe kepribadian ini mendapatkan tekanan yang cukup besar saat berusaha menempatkan diri atau menyeimbangkan situasi yang sedang ia hadapi sehingga mereka akan merasa lelah.

Tipe kepribadian Ambivert memiliki sifat-sifat khas yaitu memiliki keinginan yang cepat berubah, pendirian yang tidak tetap, perilaku yang berubah dari introvert ke ekstrovert atau pun sebaliknya tergantung dari situasi yang sedang ia hadapi. Tipe kepribadian ambivert merupakan salah satu Tipe kepribadian yang tidak sedikit dimiliki oleh manusia, tipe kepribadian ini sendiri memiliki beberapa ciri-ciri untuk membedakannya dengan tipe kepribadian lain antara lain sebagai berikut :

1.   Bisa menjadi pendengar serta pembicara yang baik Seorang ambivert bisa dikatakan sebagai pendengar yang baik layaknya seorang introvert namun bisa juga dikatakan sebagai pembicara yang baik layaknya seorang ekstrovert dalam menghadapi situasi yang ia hadapi. Ketika ia berada di tengah keramaian ia menyukai percakapan atau turut serta dalam bercerita / berbicara dengan teman di sekitarnya serta menjadi figur yang baik ketika dibutuhkan.

2.   Senang bersosialisasi serta menyendiri Tipe kepribadian ambivert selain ia menyukai untuk bersosialisasi dengan banyak orang ia juga senang/ membutuhkan waktu untuk sendiri, dengan kata lain ia juga senang untuk menikmati waktunya disaat sendiri. Jadi seorang ambivert tidak memiliki masalah jika dia berada dalam situasi yang ramai dimana ia bisa merubah dirinya menjadi seseorang yang menyukai keramaian namun tidak menutup kemungkinan dalam keramaian ia dapat merubah sifatnya menjadi seorang introvert (pendiam).

3.    Penyeimbang dalam banyak situasi dalam situasi apa pun yang sedang dihadapi seorang Ambivert ia mampu untuk menghadapinya dengan baik ia dapat menyeimbangkan situasi yang sedang ia hadapi dengan sifatnya yang dapat ia ubah sesuai dengan yang sedang ia butuh kan dalam situasi tersebut. Oleh karena itu, seorang ambivert dapat diandalkan sebagai penyeimbang dalam banyak situasi.

4.    Memiliki banyak teman serta beberapa teman dekat Seseorang berkepribadian ambivert ini memiliki hubungan pertemanan yang cukup luas dengan sifatnya yang senang bersosialisasi dan seorang ambivert juga memiliki beberapa teman dekat atau teman yang akrab dengannya untuk ia berbagi cerita atau masalah yang ingin ia ceritakan.

5.    Memiliki rasa empati yang tinggi seseorang dengan tipe kepribadian ambivert memiliki rasa empati yang tinggi terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya dan seorang ambivert biasanya akan mendengarkan cerita mengenai apa yang terjadi terlebih dahulu sebelum ia memberikan sebuah jalan keluar dari masalah yang dialami oleh orang tersebut.

Tipe kepribadian merupakan salah satu ciri khas dari seseorang yang dapat membedakannya dari orang lain. Dengan melihat tipe kepribadian orang lain maka terkadang kita juga bisa mengetahui karakter dari orang tersebut. tipe kepribadian memiliki beberapa jenis yang berbeda, dimana pada masing-masing tipe kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, salah satu jenis tipe kepribadian yaitu tipe kepribadian ambivert. Tipe kepribadian ini sendiri merupakan tipe kepribadian yang menggabungkan dua tipe kepribadian di dalamnya yaitu tipe kepribadian introvert dan tipe kepribadian ambivert. Tipe kepribadian ini dapat mengubah dirinya sesuai dengan situasi yang sedang ia hadapi atau dengan kata lain ia mampu menyesuaikan dirinya dengan cepat sesuai dengan kondisi yang ia alami.

 

Referensi  :

Fadhli Rizal., Makarim. 2021. Kenali Tanda-tanda Seseorang yang Ambivert.

Agustin, Sienny. 2022. Mengenal Ciri-ciri Ambivert dan Cara Mengembangkannya.

Widyadari, Vania Sekar. 2021. 5 Hal yang Cuma Dimengerti Seorang Ambivert.

Selasa, Reka. 2020. Ambivert, Kepribadian yang Suka Bersosialisasi dan Butuh Menyendiri.

Fitri, Nur. 2019. Kontribusi Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gowa.

Seko, H. Hart & Rembet, Y. Ignatia. 2017. Analisis Prestasi Belajar pada Tipe Kepribadian Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert Mahasiswa Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon.

Febriliana, Nur Indah, Purwanta, Dwi Harjanta. 2008. Hubungan Tipe Kepribadian dengan Sikap Remaja Pria tentang Merokok di SMK 2 Yogyakarta.

Aini, Nur. 2016. Pengaruh Tipe Kepribadian dan Lingkungan Pergaulan Terhadap Perilaku Seksual Remaja di SMP “XY” Swasta Kota Malang.

Aglin layuk Sarassang, Abdul Rahman. 2023. Jurusan Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia. Mendeskripsikan Tipe Kepribadian Ambivert Describe Ambivert’s Personality Types.