Selasa, 07 November 2023 16:59 WIB

Kebutuhan Zat Mineral Bagi Pasien Dialisis

Responsive image
554
Ns. Siti Nurillah, S.Kep - RSUP Fatmawati Jakarta

Kebutuhan zat natrium chlorida (NaCl) atau garam bagi pasien dialisis sebanyak 900 – 1700 mg/hari = 1/4 - 1/2 sendok teh. Makanan yang Mengandung banyak garam adalah :

  1. Makanan yang sudah diproses : sosis, daging asap, telor asin, ikan asin.
  2. Fast food : pizza, hamburger, fried chicken.
  3. Makanan snack : kripik kentang, maicih, kripiksingkong.
  4. Makanan kaleng : sarden, kornet

Kalium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh, berfungsi menunjang kinerja sistem syaraf dan mengatur kerja otot, termasuk jantung. Kadar kalium normal : 3,5 – 5,5 meq/L . Asupan kalium yang dianjurkan : 40-120 meq/L (1560 – 2730 mg/ hari) .

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang kelebihan kalium dari dalam tubuh. Pada pasien gagal ginjal kronik, fungsi ginjal menurun, kadar kalium di dalam tubuh akan meningkat. Jika kadar kalium terlalu tinggi atau terlalu rendah dalam darah menyebabkan : irama jantung tidak teratur ? jantung berhenti mendadak dapat menyebabkan sesak nafas dan lemah otot.

Bahaya Buah Belimbing pada pasien gagal ginjal kronik karena mengandung zat yang dapat mempengaruhi otak dan menyebabkan gangguan neurologis. Zat ini disebut dengan neurotoxin. Gejalanya : cegukan, gangguan atau kebingungan mental, Kejang dan Kematian (dalam kasus serius).

Bahan makanan yang Dibatasi pada Pasien HD adalah : Alpukat, pisang, belimbing, durian, nangka, daun singkong, paprika, bayam, daun papaya, jantung pisang, kelapa, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, coklat, kentang, ubi, singkong, pengganti garam yang menggunakan kalium. Air minum dan kuah sayur yang berlebihan.

Kebutuhan Phosfor dan Kalsium = Fosfor adalah salah satu kandungan mineral yang ada didalam tubuh . Bersama-sama dengan kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Kadarnya dalam darah harus seimbang dengan calcium. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, kadar fosfor akan tinggi dalam darah karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal . Kadar fosfor yang tinggi akan menimbulkan gejala gatal - gatal, mata menjadi sakit, nyeri sendi, tulang menjadi lemah dan rapuh.

Asupan phosphor dibatasi sampai 400 -900 mg/hari . Asupan kalsium tinggi 1000 – 1400 mg /hari (biasanya diberikan sebagian dalam bentuk suplemen kalsium) . Makanan Yang Mengandung Tinggi Fosfor : keju, susu dan produk olahannya, coca cola, pepsi cola, kacang, biji-bijian, mentega, kacang, sereal, ikan kaleng seperti sarden.

 

Referensi :

Buku Modul 1 .Pelatihan Dialisis Untuk Perawat, RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung

Dr. Ria Bandiara, Sp.PD – KGH; Masalah Jangka Panjang Pasien HD (Gangguan Nutrisi).