Selasa, 31 Oktober 2023 13:51 WIB

Rujak Bulung Boni, Panganan Khas Bali Kaya Manfaat Kesehatan

Responsive image
3046
A A Istri Putri Putri Wahyuni, SKM,MM - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Rujak dikenal sebagai panganan yang umumnya berbahan dasar buah-buahan, gula, dan asam.  Namun di Bali ada rujak yang bukan terbuat dari buah-buahan, namanya adalah Rujak Bulung. Panganan khas dari Daerah Bali ini berbahan dasar bulung atau rumput laut, yang biasanya digunakan sebagai bahan baku adalah bulung boni dan bulung rambut.  Jenis rumput laut yang di Bali disebut bulung boni memiliki nama latin Caulerpa racemose, dikenal juga dengan nama Anggur Laut, ada juga yang menyebutnya Lawi-lawi dan lain sebagainya sesuai daerahnya.  Bulung boni atau anggur laut merupakan salah satu jenis rumput laut hijau yang tumbuh dan melimpah di Indonesia.  Disebut anggur laut karena memang bentuknya bulat-bulat kecil menggerombol seperti anggur dan warnanya hijau.  

Selain di Indonesia, rumput laut jenis ini juga tumbuh di beberapa negara tropis lainya seperti Malaysia, Thailand dan Filipina.  Di Indonesia rumput laut ini belum dibudidayakan dan diolah seperti halnya di Jepang, selama ini hanya dimanfaatkan secara tradisional yakni dimakan secara langsung atau dengan parutan kelapa. Rujak Bulung Boni yang merupakan salah satu kuliner khas Bali menawarkan cita rasa yang unik, teksturnya yang lembut sedikit berlendir dengan rasa asin, manis dan gurih, ditambah parutan kelapa, lengkuas, cabai dan sedikit perasan jeruk limau menambah cita rasanya.  Meskipun memiliki cita rasa berbeda dari biasanya, rujak bulung boni cukup populer dan digemari dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

Selain rasanya yang lezat untuk dikonsumsi, bulung boni atau anggur laut juga diyakini memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.  Hingga sebuah studi yang dimuat dalam Kasetsart Journal - Natural Science mengungkapkan bahwa tanaman anggur laut mengandung protein dan mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium, hingga tembaga.  Selain itu anggur laut juga disebutkan memiliki kandungan vitamin A, C, E, B1, hingga B2 dan B3, dan tentu saja yodium.  Nutrisi tersebut yang terkandung dalam anggur laut sangat bermanfaat untu kesehatan tubuh seperti:

1.    Memperkuat tulang dan persendian karena kandungan protein, kalsium, asam lemak tak jenuh ganda di dalam anggur laut. Tanaman laut ini juga ditenggarai baik untuk meredakan peradangan dan mengurangi gejala pengeroposan tulang.

2.    Menyehatkan mata dan jantung sebab dalam anggur laut terkandung asam lemak tak jenuh seperti asam alfa-lonelenat (ALA), asam linolenat (LA), asam docosahexaenoic (DHA), asam eikosapentaenoat (EPA), hingga asam arakidonat (AA) yang diyakini dapat meningkatkan penglihatan dan daya ingat. Lemak ini juga dianggap bisa menurunkan kolesterol, meningkatkan aliran darah, mencegah oksidasi, menjaga struktur kolagen kulit di arteri, hingga mencegah penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah); seperti stroke, aterosklerosis, sampai infark miokard.  Inilah yang  menjadi salah satu alasan mengapa anggur laut dipercaya baik untuk kesehatan mata dan jantung.

3.    Mengontrol tekanan darah dan gula darah karena anggur laut mengandung kalsium, kalium, dan vitamin C yang dinilai mampu menurunkan tekanan darah karena memicu ekskresi dan mengatur tekanan darah normal pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).  Selain itu vitamin C dipercaya membantu mengontrol kadar gula dan menghambat penyebaran radikal bebas, mengurangi penumpukan sorbitol intraseluler, dan mencegah pengikatan glukosa serta protein, hingga dinilai berpotensi dalam menurunkan komplikasi diabetes. 

4.    Mencegah sembelit, sebab  anggur laut tidak mengandung kalori dan gula yang tinggi, sehingga bakteri baik di dalam sistem pencernaan dapat menyerap makanan dan mengeluarkan limbah lebih cepat. 

5.    Dapat mencegah gondok, sebab terdapat kandungan yodium dalam anggur laut

6.    Baik untuk kulit dan rambut karena mengandung berbagai macam vitamin, serta dipercaya bisa memproses kolagen dan antioksidan secara efisien untuk memberikan penampilan awet muda dan menyehatkan kulit. 

7.    Dapat mencegah obesitas karena kandungan kalori di dalam anggur laut tergolong rendah dan dilengkapi dengan protein, vitamin C, kalsium, zinc, zat besi, serta asam lemak tak jenuh yang   dianggap baik untuk orang-orang yang mengalami obesitas atau yang sedang menjalani diet.

Meskipun diyakini berbagai manfaat anggur laut seperti tersebut diatas, namun perlu Sobat Sehat pahami bahwa semuanya masih memerlukan pembuktian lebih lanjut. Jika Sobat Sehat sedang mengalami masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba mengkonsumsi anggur laut.  Bagi Sobat Sehat yang penasaran ingin menikmati citarasa unik dari Rujak Bulung Boni kuliner khas Bali, bisa mencoba resep berikut ini.

Bahan:

·         200 gram anggur laut atau bulung boni segar, cuci bersih kemudian tiriskan

·         3 buah cabai merah

·         1 buah jeruk limau

·         30 gr kelapa parut (biasanya pakai kelapa yg dibakar)

·         Lengkuas parut secukupnya

·         Gula secukupnya (gula merah atau gula pasir, opsional)

·         1 sdt terasi yang sudah dibakar

·         ½ sdt garam (atau sesuai selera karena bulung boni sudah terasa asin)

·         60 ml kuah pindang atau sesuai selera

·         Kacang merah goreng (opsional)

Cara Membuat:

1.    Haluskan terasi, cabai, dan 1/2 sdt garam. Setelah halus, tambahkan 1 sdm gula pasir atau gula merah (opsional).

2.    Tambahkan 60 ml kuah pindang pada bumbu yang dihaluskan.

3.    Campur bulung boni dengan kelapa parut dan lengkuas parut sampai semuanya tercampur rata. Tambahkan di atasnya campuran kuah pindang yang sudah dicampur bumbu halus, lalu potong limau dan peras kemudian taburkan kacang merah goreng di atasnya (opsional)

4.    Rujak bulung boni siap untuk dinikmati,

“Selamat Mencoba……”

 

Referensi:

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mengenal Rujak Bulung Khas Bali Terbuat dari Rumput Laut, Enak Wajib Dicicipi!, Senin, 27 Feb 2023 - Sumber: https://www.inews.id

Lawi-Lawi, Rumput Laut Yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2023-10-05

https://unair.ac.id/anggur-laut-pesaing-rimput-laut-nori/,Agustus 2, 2021

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-anggur-laut-sea-grapes-yang-baik-untuk-kesehatan, 14 Jul 2022