Jumat, 27 Oktober 2023 15:59 WIB

Tumor Telinga

Responsive image
4841
drg.Emmy Hastuti, M.Kes - RSUP Fatmawati Jakarta

Tumor telinga dapat terbentuk di telinga luar (kanker kulit), telinga dalam (neuroma akustik) atau telinga tengah (glomus tympanicum). Sebagian besar tumor telinga bersifat jinak (bukan kanker), tetapi dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Perawatan termasuk operasi, radiosurgery, terapi radiasi dan operasi Mohs.

Apa itu tumor telinga?
Tumor telinga adalah massa atau benjolan sel abnormal yang terbentuk di telinga. Sebagian besar tumor telinga bersifat jinak atau tidak bersifat kanker. Tetapi beberapa tumor telinga bersifat ganas ( kanker ). Tumor telinga dapat terbentuk di bagian mana pun dari telinga, termasuk telinga bagian dalam, telinga tengah, dan telinga luar. Mereka dapat mempengaruhi pendengaran Anda .

Apa perbedaan antara kista telinga dan tumor telinga?
Baik kista maupun tumor dapat menyebabkan benjolan atau benjolan di telinga. Kista adalah kantung kecil yang sering berisi cairan. Mereka mungkin juga memiliki bahan padat. Kebanyakan kista tidak bersifat kanker. Tumor adalah massa jaringan padat yang mungkin atau mungkin tidak bersifat kanker.

Apa saja jenis tumor telinga jinak (bukan kanker)?
Tumor telinga non-kanker dapat menyumbat saluran telinga Anda, menyebabkan penumpukan kotoran telinga . Jenis tumor telinga jinak meliputi:

Neuroma akustik (juga disebut schwannomas vestibular) terbentuk pada saraf vestibular. Saraf di telinga bagian dalam ini terhubung ke otak Anda.Adenoma adalah tumor non-kanker langka yang berkembang di telinga tengah. Kolesteatoma adalah kantung cairan, udara atau sel kulit yang terbentuk di belakang gendang telinga di telinga tengah. Mereka dapat menyebabkan gangguan pendengaran jika tidak diobati.

Glomus tympanicum paraganglioma mempengaruhi saraf timpani. Saraf di telinga tengah ini terhubung ke gendang telinga. Keloid adalah sejenis jaringan parut fibrosa . Mereka bisa terbentuk setelah tindik telinga atau trauma pada telinga luar.

Osteoma dan eksostosis terbentuk pada tulang di liang telinga luar ( tumor tulang jinak ). Kista sebaceous mengandung sel kulit dan minyak. Mereka dapat berkembang di saluran telinga, di belakang telinga atau di daun telinga. Mereka juga disebut kista inklusi epidermal.

Apa saja jenis tumor telinga ganas (kanker)?
Kanker dapat terbentuk di dalam atau di luar telinga Anda. Kanker telinga jarang terjadi.
Kebanyakan kanker yang menyerang telinga adalah kanker kulit . Kanker kulit mungkin pertama kali muncul di telinga luar. Kanker kulit yang mempengaruhi telinga meliputi:

  • Karsinoma sel basal
  • Melanoma .
  • Karsinoma sel skuamosa

Kanker yang secara langsung mempengaruhi telinga tengah atau dalam bahkan lebih jarang terjadi. Mereka termasuk:

  • Adenoma ceruminous terbentuk di sel-sel yang membuat kotoran telinga. Kanker ini tidak menyebar, tetapi dapat merusak bagian liang telinga.
  • Rhabdomyosarcoma adalah kanker anak langka yang mempengaruhi jaringan otot. Ini dapat berkembang di kepala atau leher, termasuk telinga tengah.

Gejala dan Penyebab
Apa penyebab tumor telinga?
Tumor terjadi ketika tubuh Anda membuat sel baru lebih cepat dari biasanya. Terkadang, sel-sel tua yang rusak tidak mati sebagaimana mestinya. Gumpalan sel lama dan baru berkelompok, membentuk tumor.
Tumor kanker terjadi ketika sel tumbuh tak terkendali. Jika tidak diobati, sel-sel ganas ini dapat menyebar ke lokasi lain di tubuh Anda ( kanker metastatik ).
Apa saja faktor risiko tumor telinga?

Orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak, bisa terkena tumor telinga. Faktor-faktor yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan tumor telinga meliputi:

  • Infeksi telinga kronis .
  • Tindik telinga.
  • Kondisi bawaan, seperti neurofibromatosis (NFS).
  • Paparan radiasi sebelumnya.
  • Paparan berulang kali terhadap air dingin, seperti dari scuba diving (telinga peselancar).
  • Merokok , termasuk paparan asap rokok .

Diagnosis dan Tes
Bagaimana tumor telinga didiagnosis?

Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin melihat kista atau tumor selama pemeriksaan telinga rutin. Penyedia Anda mungkin merujuk Anda ke audiolog (spesialis pendengaran) untuk tes pendengaran. Anda mungkin juga akan menemui dokter telinga, hidung dan tenggorokan (ahli THT atau THT) yang berspesialisasi dalam gangguan telinga.
Penyedia Anda mungkin melakukan biopsi . Prosedur ini menghilangkan tumor atau sel dari tumor. Seorang ahli patologi (dokter yang mempelajari penyakit) memeriksa sampel di laboratorium untuk membuat diagnosis. Karena tumor telinga bagian dalam sulit dijangkau dan dibiopsi, penyedia Anda mungkin memesan CT scan atau MRI untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah telinga. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mendiagnosis tumor telinga.

Penatalaksanaan dan Pengobatan
Bagaimana tumor telinga jinak diobati?
Beberapa tumor telinga non-kanker tidak memerlukan pengobatan kecuali jika tumor tersebut mempengaruhi pendengaran atau keseimbangan. Penyedia Anda memantau tumor untuk mengawasi pertumbuhannya dan gejala apa pun.
Penyedia layanan kesehatan sering menggunakan radiosurgery ( bedah pisau gamma ) untuk mengangkat tumor telinga jinak seperti neuroma akustik. Prosedur ini mengarahkan radiasi dosis tinggi langsung ke tumor. Ini bukan prosedur pembedahan.
Untuk mengobati keloid, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyuntikkan tumor dengan kortikosteroid . Beberapa keloid memerlukan operasi pengangkatan diikuti dengan terapi penyinaran .
Bagaimana tumor telinga ganas dirawat?
Dokter kulit (dokter spesialis penyakit kulit) mengobati kanker kulit di telinga bagian luar. Perawatan untuk tumor telinga kanker tergantung pada jenis dan lokasi kanker. Perawatan mungkin termasuk:

  • Operasi Mohs untuk mengangkat sel kulit kanker.
  • Terapi radiasi, radiosurgery atau kemoterapi untuk menghancurkan sel kanker.
  • Perawatan untuk tumor adenoma ceruminous melibatkan pengangkatan tumor melalui pembedahan. Dokter bedah Anda mungkin juga mengangkat kelenjar getah bening di dekatnya.

Pandangan / Prognosis
Apa komplikasi dari tumor telinga?

Tumor telinga, bahkan yang bukan kanker, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Perawatan tumor telinga juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, masalah keseimbangan, dan kelemahan wajah.
Apa prognosis untuk orang dengan tumor telinga?
Kebanyakan orang dengan tumor telinga sembuh dengan baik setelah perawatan. Beberapa tidak memerlukan pengobatan sama sekali. Kanker kulit dapat kembali (kambuh) dan menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Anda memerlukan pemeriksaan kulit secara teratur untuk mengawasi kembalinya kanker.

Kapan saya harus menghubungi dokter saya?
Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengalami:

  • Masalah keseimbangan atau pusing.
  • Pendarahan telinga, keluarnya cairan atau nyeri.
  • Gangguan pendengaran.
  • Dering di telinga (tinnitus).
  • Perubahan kulit pada telinga, termasuk benjolan baru, tahi lalat atau sakit.

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan kepada dokter saya?
Anda mungkin ingin bertanya kepada penyedia layanan kesehatan Anda:

  • Apakah tumor telinga ganas atau jinak?
  • Jenis tumor telinga apa yang saya miliki?
  • Apa pengobatan terbaik untuk saya?
  • Apa risiko pengobatan dan efek sampingnya?
  • Haruskah saya mencari tanda-tanda komplikasi?

Sebagian besar tumor telinga bersifat jinak (bukan kanker) dan tidak memerlukan pengobatan. Jika tumor telinga jinak memengaruhi pendengaran atau keseimbangan, Anda mungkin memerlukan radiosurgery untuk menghilangkannya. Sebagian besar tumor telinga kanker sebenarnya adalah kanker kulit. Kanker ini membutuhkan pengobatan. Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda melihat adanya perubahan pada pendengaran Anda, merasakan adanya benjolan di dalam atau di telinga Anda, atau melihat adanya perubahan kulit pada telinga.

 

Referensi:
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17587-ear-tumors