Kamis, 26 Oktober 2023 11:43 WIB

Kenali Gejala Tumor Tulang

Responsive image
1490
dr. Yuni Artha Prabowo P, Sp.OT(K) - RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

Tumor tulang adalah benjolan yang terdapat di tulang, dimana dapat dibedakan menjadi benjolan yang bersifat jinak (tumor) atau bersifat ganas (kanker). Keduanya terbentuk akibat pertumbuhan sel-sel tulang secara tidak terkendali. Dua kondisi ini dibedakan berdasarkan sifat, derajat perubahan sel dan invasi nya ke jaringan lain. Sel tumor jinak tidak menyerang jaringan normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan sel-sel tumor ganas menyerang jaringan normal di sekitarnya dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Terjadinya tumor tulang disebabkan oleh penyebab yang bersifat multifactorial, umumnya akibat factor genetic yang berinteraksi dengan factor lingkungan lingkungan. Interaksi tersebut menyebabkan sel mengalami mutasi dan membelah terus-menerus tanpa ada mekanisme supresi. Hal itu disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya adalah:

·  Riwayat cidera tulang

·  Kelainan genetic yang bersifat sindromik (kelainan gen yang menimbulkan banyak gejala)

·  Riwayat radiasi

·  Riwayat pengobatan kanker

·  Kelainan tulang lain seperti penyakit pagets.

Pada individu dengan tumor ataupun kanker tulang dapat ditemui beberapa tanda dan gejala diantaranya:

·  Adanya benjolan ditulang

·  Nyeri yang dialami di area tulang yang terkena. Karakteristik nyerinya memiliki intensitasnya yang progresif dan dan memburuk di malam hari.

·  Pembengkakan. Ini dialami di area sekitar tulang yang terkena.

·  Kerapuhan tulang. Ini dapat berujung pada patah tulang tiba-tiba.

·  Tiga gejala utama diatas dapat disertai beberapa kondisi seperti:

o  Penurunan berat badan dengan cepat dan tanpa sebab (curiga keganasan)

o  Banyak berkeringat di malam hari.

o  Demam di atas 38 derajat Celsius.

o  Kekurangan darah (anemia).

o  Mudah merasa lelah.

o  Sensasi mati rasa.

o  Sesak napas.

 

Contoh dari tumor jinak yang ada di tulang diantaranya:

·  Osteoma

·  Osteokondroma

·  Osteoblastoma

·  Giant Cell Tumor (Tumor Sel Raksasa)

Sedangkan contoh dari tumor ganas di tulang diantaranya,:

·  Chondrosarkoma

·  Osteosarkoma

·  Ewing Sarkoma

Kasus tumor tulang dapat dideteksi dengan beberapa pemeriksaan oleh dokter, seperti:

·  Anamnesis: Dokter akan menanyakan gejala yang dialami, Riwayat penyakit, Riwayat obat-obatan yang dikonsumsi, serta Riwayat penyakit keluarga

·  Pemeriksaan fisik: dokter akan melakukan pemeriksaan pada area yang mengalami pembengkakan dan atau perubahan warna kulit

·  X-ray: pemeriksaan xray dilakukan pada bagian tulang yang dicurigai terkena dan ditujukan untuk mendapatkan gambaran struktur tulang

·  Biopsi: Tindakan ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan dari tulang yang dicurigai terkena. Tindakan ini dilakukan oleh dokter yang sudah terlatih dan kemudian sampel diperiksa di bawah mikroskop yang akan dianalisa oleh ahli patologi. Biopsi merupakan prosedur diagnose paling baik untuk menentukan jenis tumor dan sifatnya, ganas atau jinak.

Pengobatan yang dilakukan oleh dokter tergantung pada jenis tumor yang ditemukan. Untuk tumor jinak dokter akan melakukan pemantauan secara berkala. Tindakan lebih lanjut akan disarankan jika tumor berpotensi menjadi ganas. Pada tumor ganas, pengobatan tergantung berdasarkan jenis dan sejauh mana penyebaran tumor terjadi. Penanganan umumnya dilakukan dengan operasi, kemoterapi, dan radioterapi.

Komplikasi dapat terjadi pada kasus tumor tulang ketika dibiarkan tanpa penanganan seperti perdarahan, rambut rontok, penurunan nafsu makan, gangguan pertumbuhan tulang, kerusakan organ, gangguan tumbuh kembang, dan penurunan hasrat seksual. Segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri ketika mengalami gejala pada tulang yang hilang dan timbul bahkan memburuk di malam hari. Penanganan dini dapat mencegah pneyakit berkembang semakin parah. Gaya hidup sehat dapat menjadi salah satu pencegahan pada kasus tumor tulang antara lain:

1. Terapkan gaya hidup sehat, tanpa pengawet, pemanis, perasa dan pewarna

2. Lakuka aktifitas fisik secara rutin

3. Hindari polusi idara dalam dan luar rumah

4. Hindari mengonsumsi alkohol

5. Jangan merokok dan jangan gunakan tembakau dalam bentuk apapun

6. Jadikan rumah anda bebas dari asap rokok

 

Referensi:

Putro, Y.A.P (2023). Tumor Tulang Seminar Awam [Slides PowerPoint] Orthoinfo. Diakses pada 2023. Bone Tumor.

MedlinePlus. Diakses pada 2023. Bone tumor.