Selasa, 10 Oktober 2023 09:17 WIB

Awas Polusi Menggila, Hati-Hati dengan Kesehatan Anda

Responsive image
248
Ns. Fransisca Danik Fiatun, S.Kep - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Berita hari ini terkait polusi udara ibukota masih terus mengkhawatirkan termasuk juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Berdasarkan data dari situs IQAir pada hari Minggu (27/08/2023) pukul 06.00 WIB kualitas udara ibukota negara kita masuk dalam kondisi tidak sehat dengan indeks kualitas udara AQI US 171. Kondisi ini tentu saja mengkhawatirkan kita semua. Polusi udara tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Lalu apa tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan agar kita bisa meminimalkan risiko tersebut bagi diri kita, namun kita membahas tentang dampak polusi udara, sebenarnya apa polusi udara itu??

Polusi udara adalah: kontaminasi yang terjadi di udara baik yang disebabkan oleh zat kimia, fisik atau biologis apapun dan mengubah karakteristik alami atmosfer.

Sumber pencemaran udara dapat dari hasil kegiatan rumahtangga seperti memasak yang menghasilkan asap, asap kendaraan bermotor, dari kegiatan industri, asap rokok, pembakaran sampah dan juga kebakaran hutan. Polutan yang dihasilkan bisa meliputi: particulate matter (PM), karbon monoksida (CO), ozon (O3), nitrogen dioksida (NO2) dan sulfur dioksida (SO2).

Berapa nilai normalnya?

Berikut tabel Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). ISPU merupakan angka tanpa satuan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi mutu udara ambien di lokasi tertentu. Informasi ini bisa didapatkan melalui portal KLHK yaitu: https://ditppu.menlhk.go.id/portal/, dimana informasi ini dapat digunakan sebagai early warning system atau sistem peringatan dini bagi masyarakat.

Efek Polusi Udara Bagi Kesehatan

Polusi udara dapat menyebabkan penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan organ lainnya seperti jantung dan otak  yang dapat mengancam jiwa. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan paparan polusi udara adalah stroke, penyakit jantung iskemik, penyakit paru obsruksi kronik (PPOK), asma, kanker paru-paru, pneumonia, bahkan paparan polusi bisa menimbulkan efek buruk bagi kehamilan.

Bagaimana cara meminimalisasi risiko polusi udara bagi kesehatan:

Berusaha menghindari area/daerah dengan tingkat polusi tinggi. Apabila tidak bisa menghindari area dengan polusi tinggi gunakan masker. Gunakan masker yang memiliki tingkat filtrasi yang baik, gunakan dengan benar sehingga menutup hidung dan mulut dengan rapat.

Lakukan gaya hidup sehat. Makan makanan dengan gizi seimbang, berolahraga dan hindari stres, cukup istirahat serta berhenti merokok.

Upayakan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber polusi udara. Masih ada beberapa jenis kendaraan yang tidak menyebabkan polusi udara seperti kendaraan listrik, sepeda ataupun jalan kaki bila jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh

Evaluasi/cek kualitas udara. Pengukuran kualitas udara yang ada di sekitar anda dapat dilakukan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia dan bisa anda download di gadget anda. Selain itu polusi udara dapat dilihat dari warna udara yang terlihat gelap dan kabur. Informasi mengenai mutu udara dapat juga ditemukan di laman yang dirilis oleh KLHK.

Sehatkan  lingkungan dengan memperbanyak tanaman hijau. Tanaman hijau dapat berfungsi sebagai penyaring udara alami.

Kurangi paparan polutan dalam ruangan dengan pemakaian filter udara. Pastikan sirkulasi udara ruangan baik, namun jangan lupa me-maintenance/membersihkan filter penyaring udara yang sudah kotor agar fungsi filtrasi tetap berfungsi dengan baik.

Yuuk stay at home, bila kondisi polusi di wilayahmu sedang mengkhawatirkan. Apabila mengalami/merasakan keluhan kesehatan, segera berobat ke fasiltas pelayanan terdekat.

Let’s keep our skies blue!!!!!!!

 

Referensi:

World Health Organization (WHO), Air pollution, https://www.who.int/health-topics/air-pollution#tab=tab_3 diakses pada 28 Agustus 2023

World Health Organization (WHO), Air quality and health, https://www.who.int/teams/environment-climate-change-and-health/air-quality-and-health/health-impacts, diakses pada 29 Agustus 2023

CNBC Indonesia, Jakarta, https://www.cnbcindonesia.com/research/20230827061920-128-466396/polusi-udara-hari-ini-depok-masih-terparah-jakarta-gimana diakses pada 28 Agustus 2023

Dinkes Jakarta, Cara Menjaga Kesehatan dari Polusi Udara, https://dinkes.jakarta.go.id/berita/read/cara-menjaga-kesehatan-dari-polusi-udara, diakses pada 28 Agustus 2023

KLHK, Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) sebagai Informasi Mutu Udara Ambien di Indonesia, https://ditppu.menlhk.go.id/portal/read/indeks-standar-pencemar-udara-ispu-sebagai-informasi-mutu-udara-ambien-di-indonesia, diakses 30 Agustus 2023