Jumat, 06 Oktober 2023 16:10 WIB

Manajemen Kehamilan HIV / AIDS

Responsive image
2621
Yola Elvira, S.Tr. Keb - RSUP Fatmawati Jakarta

HIV (Human Imunnodeficiency Virus) adalah Virus yang menyerang sel darah putih (limfosit) di dalam tubuh manusia. AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan tanda dan gejala penyakit HIV.

Tanda dan gejala HIV / AIDS yaitu: demam, pembesaran kelenjar getah bening, diare berkepanjangan, pusing/pening, menurunnya berat badan, turgor kulit menurun dan Infeksi jamur, bakteri, virus yang kronis..

Etiologi = Penyebabnya adalah virus HIV Yang penularannya melalui : ibu hamil, ASI, jarum suntik, transfusi darah dan hubungan seksual.

Risiko penularan ibu ke bayi = Penularan melalui Saluran Uteroplasenta / Sirkulasi Darah Plasenta Ibu ke bayi . Terjadinya HIS ( tekanan pada plasenta meningkat, terjadinya sedikit pencampuran antara darah ibu dengan darah bayi. Bayi terpapar darah dan lendir serviks pada saat melewati jalan lahir. Bayi kemungkinan terinfeksi karena menelan darah dan lendir serviks.

Manajemen dan tatalaksana Kehamilan Ibu yang terpapar HIV/ AIDS dengan cara :

  1.  Pemeriksaan Kehamilan = Memberikan Pemeriksaan Kehamilan tanpa memandang akan kasus yang ibu derita / standar ANC. Dilakukan pemeriksaan laboratorium hemoglobin, proteinurin, gula darah puasa, golongan darah, thallasemia (bila ada faktor risiko).
  2. Pelihara kesehatan secara umum.
  3. Pola hidup sehat (diit seimbang, tidak merokok, tidak minum alkohol, olahraga teratur, istirahat cukup).
  4. Penatalaksanaan Anc = dengan cara :
  • Kurangi kadar virus (Viral Load) : Minum ARV profilaksis secara teratur dan Dianjurkan untuk pemeriksaan VL pada usia kehamilan 36 minggu ke atas.
  • Deteksi dini dan terapi faktor penyulit : Infeksi Menular Seksual (Sifilis, Gonore, Kondiloma akuminata, Hepatitis dll), malaria dan tuberkulosis.

Semua bayi lahir dari ibu dengan HIV, harus diberi zidovudin sejak hari pertama (umur 12 jam), selama enam minggu. Disarankan dengan susu formula .

 

Referensi :

Anonim. 2020. Stigma, Mitos dan Fakta HIV/AIDS. Jatim: RSJMenur. STIGMA, MITOS, DAN FAKTA HIV/AIDS (jatimprov.go.id) diakses Agustus 2023

Elisanti, Alinea Dwi. 2018. HIV-AIDS, Ibu Hamil dan Pencegahan pada Janin. Yogyakarta: Deepublish. Tersedia dalam Google Books

Nuryana, Andi. 2019. GAMBARAN ANTENATAL CARE (ANC)PADA IBU HAMIL YANG TERINFEKSI HIV/AIDS DI KECAMATAN BONTO BAHARIKABUPATEN

BULUKUMBA. Makassar. Andi Nuryana_70200114085.pdf (uin- alauddin.ac.id) diakses Agustus 2023

Sitohang, MY. 2020. HIV/AIDS pada ibu hamil, ancaman nyata yang selama ini kurang diketahui. MY Sitohang - 2020 - osf.io diakses Agustus 2023