Selasa, 03 Oktober 2023 12:34 WIB

Arti Penting Vitamin C , D, E, dan K Bagi Tubuh

Responsive image
4438
Apt. Diyan Ratmawati S.Si - RSUP Fatmawati Jakarta

Vitamin C = Vitamin ini berpengaruh dalam sintesis lipid dan protein, metabolisme karbohidrat, penyerapan zat besi, dan respirasi sel sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan, memelihara daya tahan tubuh, memperbaiki susunan kolagen, dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Sumber Vitamin C : buah jeruk, stroberi, nanas, pepaya dan jambu biji, brokoli, kubis, tomat, bayam, paprika hijau, dan lobak.

Nama Obat : Vitamin C (Asam askorbat)
Indikasi Obat : Membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan membantu menjaga daya tahan tubuh.
Aturan pakai : Sesudah makan
Dosis :
- Dewasa : 50–200 mg per hari.
- Anak-anak : 35–100 mg per hari.

Vitamin D = Vitamin D adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta sistem imunitas. Sumber Vitamin D : Telur, ikan, keju, susu.


Nama Obat : Vitamin D
Aturan pakai : Sesudah makan
Indikasi : Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin D, dan digunakan dalam pengobatan osteoporosis
Dosis : Usia >50 tahun: 20–25 mcg (800–1.000 IU) per hari.

Vitamin E = Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, mata, otak, dan organ reproduksi. Vitamin ini memiliki efek antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Selain dari makanan, asupan vitamin E juga dapat diperoleh dari suplemen. Sumber Vitamin E: kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati, seperti minyak zaitun, dan minyak canola. Vitamin E juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran hijau

Nama Obat : Vitamin E
Aturan pakai : Sesudah makan
Indikasi : Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin E, serta sebagai suplemen pada kondisi cystic fibrosis
Dosis :
• Dewasa: 134–268 mg (200–400 IU) per hari.
• Anak-anak: 50–100 mg per hari.

Vitamin K = Vitamin K adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam proses pembekuan darah. Vitamin K terkandung secara alami di dalam makanan serta tersedia dalam bentuk suplemen tambahan. Sumber Vitamin K: bayam, kale, brokoli, lobak, sawi, kubis, alpukat, kiwi, delima, tomat, dan anggur. Vitamin ini juga dapat ditemukan di ikan, daging, hati, serta kuning telur.

Nama Obat : Vitamin K
Aturan pakai : Sesudah makan
Indikasi : Mengatasi kekurangan vitamin K pada bayi baru lahir dan mengatasi perdarahan akibat kelebihan obat pengencer darah (antikoagulan).
Dosis :
• Dewasa: 2,5–25 mg.
• Bayi baru lahir 1–2 mg saat bayi lahir, dilanjutkan dengan 2 mg saat bayi berusia 4–7 hari, dan 2 mg setelah bayi berusia 1 bulan.

 

Referensi :

Palupi NS, Zakaria FR,dkk (2010), Evaluasi Nilai Biologis Vitamin dan Mineral, Jakarta : Pustaka Utama.

Triana V, 2006. Macam – macam Vitamin dan Fungsinya Dalam Tuuh Manusia, Kesehatan Masyarakat, 1 (1) : 40 -7

Dinanti, Oktavia (2022). Kajian Islam Pada proses Metabolisme Vitamin Dan Mineral Dalam Tubuh, Indonesia Science Education Journal, Vol.3, Hal.24 – 30.