Jumat, 15 September 2023 11:24 WIB

Mengenal Sindrom Penglihatan Komputer atau Computer Vision Syndrome (CVS)

Responsive image
1644
Upiek Rachimah Rachim, SKM - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

APA ITU SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER?

Kelelahan mata (eye strain) atau Astenopia adalah sekumpulan gejala yang terkait dengan masalah penglihatan (visual), mata (ocular) dan musculoskeletal. Kelelahan mata adalah gangguan yang dialami oleh mata yang disebabkan karena otot mata dipaksa untuk bekerja secara berlebihan terutama untuk mengamati obyek dalam jarak dekat dalam jangka waktu yang lama. Kelelahan mata akibat penggunaan computer dalam waktu yang lama juga biasa disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Sindrom Penglihatan Komputer (CVS), atau yang biasa disebut sebagai ketegangan mata digital, adalah kondisi yang dapat terjadi ketika Anda menggunakan komputer atau perangkat lain dengan layar digital untuk waktu yang cukup lama. Kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan yang kabur atau iritasi mata.

Seseorang yang menatap layar digital meskipun hanya dua jam setiap hari juga dapat mengalami kondisi ini. Riset terbaru juga mengatakan bahwa, diantara 50 hingga 90 persen individu yang memiliki pekerjaan yang melibatkan komputer, mengalami gejala ketegangan mata digital.

Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh cahaya terang (atau sinar biru) dari layar yang masuk ke mata Anda karena terus-menerus memfokuskan penglihatan saat membaca sesuatu pada monitor.

PENYEBAB

Berbagai penyebab CVS diantaranya adalah :

·         Kondisi pencahayaan workstation (tempat kerja) yang tidak tepat

·         Pencahayaan kontras pada layar digital

·         Jarak pandang yang tidak sesuai

·         Postur duduk yang salah

·         Gangguan penglihatan, khususnya kelainan refraksi yang tidak terkoreksi dengan baik

GEJALA SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER

Orang yang mengalami sindrom penglihatan komputer biasanya mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Penglihatan kabur
  • Iritasi mata
  • Mata merah atau kering
  • Nyeri leher atau punggung
  • Sakit kepala
  • Sulit konsentrasi

Gejala sindrom penglihatan komputer yang dialami akan bergantung pada jumlah waktu yang dihabiskan di depan komputer dan apakah ada masalah yang tidak terdiagnosa pada penglihatan.

Misalnya, beberapa orang dengan rabun jauh astigmatisme tidak memakai kacamata atau lensa yang benar dapat meningkatkan gejala sindrom penglihatan komputer. Gejala sindrom penglihatan komputer juga dapat lebih terasa seiring bertambahnya usia, ketika kemampuan Anda untuk fokus pada objek di dekatnya mulai memburuk. Hal ini disebut presbyopia.

Untungnya, gejala-gejala ini hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika Anda mengistirahatkan mata Anda dari layar digital. Untuk beberapa orang, gejala ini dapat tetap berlangsung meskipun mereka sudah tidak menggunakan layar atau perangkat digital. Jika Anda mengalami hal ini, Anda harus melakukan pemeriksaan mata secepatnya. Lebih Lanjut tentang Varilux Digitime

DAMPAK

Kelelahan mata dapat menyebabkan :

1.    Penurunan produktivitas

2.    Kualitas kerja yang rendah

3.    Banyak terjadi kesalahan

4.    Mengganggu konsentrasi

5.    Kecelakaan kerja meningkat

CARA MENGATASI SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi efek CVS pada mata dan tubuh Anda:

  • Ubah postur tubuh Anda saat menggunakan computer
  • Untuk posisi duduk, kursi harus empuk dan nyaman pada badan, tinggi kursi harus sesuai dengan panjang kaki sehingga telapak kaki dapat menapak dengan datar di lantai.
  • Monitor harus diletakan setingkat dengan mata anda dengan jarak 50 - 70 cm dari wajah
  • Perhatikan pencahayaan ruangan Anda, pastikan ruangan terang tetapi tidak terlalu silau dan tidak terlalu terang
  • Lampu meja dapat digunakan untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat
  • Gunakan fIlter anti silau di layar untuk meminimalisir jumlah cahaya yang dipantulkan dari layar

SOLUSI LAINNYA?

Selain cara di atas, Anda juga dapat mencoba mengistirahatkan mata anda dengan menerapkan prinsip 20-20-20 jika anda harus bekerja di depan layar untuk waktu yang lama yaitu setelah menatap layar komputer selama 20 menit, arahkan pandangan ke titik lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mata Anda istirahat sehingga dapat fokus kembali.

Cobalah sesekali berdiri, bergerak dan regangkan lengan,kaki, punggung, leher serta bahu

Jaga agar mata anda tetap lembab dengan mengedipkan mata atau menggunakan air mata buatan/ tetes mata atau semprotan mata untuk membantu menyegarkan kembali mata yang kering.

Rajin olahraga dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit yang berpotensi mengganggu penglihatan seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol.

Konsumsi makanan bergizi yang megandung vitamin A, C, E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, misalnya dengan mengkonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Konsumsi suplemen kesehatan mata yang mengandung bilberry, lutein, zeaxanthin,   B-Caroten, retinol, selenium, dan zinc

Rutin periksa mata (minimal dua tahun sekali), untuk mendeteksi adanya masalah atau penyakit mata, pada orang yang usianya > 40 tahun sebaiknya periksa mata minimal satu tahun sekali, karena pada usia tersebut kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata. Dokter akan mendiagnosis gangguan pada mata dan menentukan perawatan yang tepat.

 

Referensi :

Arum Kurniawati Agnes Tianto. 2022. Buku Saku Kelelahan Mata Bagi Pengguna Komputer. Prodi D4 K3  Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2022.

Dinkes Provinsi NTB, 2021. Mengenal Komputer Vision Syndrome.

Sumber gambar:

https://www.aoa.org/patient-and-public/caring-for-your-vision/protecting-your-vision/computer-vision-syndrome

https://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/TmQwU05BQS9YYlJpanB5VnNtRldFUT09/10_Juni__01.png

https://jaheedkhan.co.uk/wp-content/uploads/2016/06/thumbnail.jpg