Kamis, 31 Agustus 2023 16:07 WIB

Mengenal Kegemukan dan Jamu sebagai Alternatif Solusinya

Responsive image
412
dr. Zuraida Zulkarnain, MKM - RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

 

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

 

Kegemukan adalah kondisi penumpukan lemak berlebihan atau tidak normal di dalam tubuh manusia yang dapat mengganggu kesehatan. Ada 2 kategori kegemukan yaitu overweight dan obesitas. Diagnosis overweight dan obesitas ditetapkan dengan mengukur indeks massa tubuh (IMT). Rumus pengukuran IMT=BB(kg)/TB2(M). Apabila hasil pengukuran IMT antara 25-<30>overweight dan IMT > 30  dinyatakan menderita obesitas.

Kegemukan telah berkembang menjadi epidemi global dengan jumlah penderita meningkat pesat baik di negara maju maupun berkembang. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) jumlah penderita obesitas di dunia saat ini meningkat hampir 3 kali lipat dibanding tahun 1975, dengan estimasi 1,9 miliar orang dewasa menderita overweight dan 650 juta menderita obesitas. Di Indonesia, data Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi penderita obesitas pada penduduk  usia > 18 tahun  sebesar 21,8% meningkat dari tahun 2013 yang hanya sebesar 15,4%.

Mengapa penderita overweight dan obesitas terus bertambah? Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi dan pola hidup yang tidak sehat. Manusia modern cenderung memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat dan lemak. Di sisi lain mereka menjadi kurang aktif bergerak karena kemudahan bidang transportasi dan pekerjaan dengan beroperasinya berbagai macam mesin. Faktor genetis juga berperan dalam meningkatkan kecenderungan untuk menjadi gemuk.

Kegemukan merupakan faktor resiko penyebab berbagai macam penyakit kronik, seperti : diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler, hipertensi, osteoartritis (radang sendi) dan beberapa jenis kanker. Dari sisi psikologis, kegemukan dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah sejak November tahun 2016.  Tujuan gerakan ini adalah terlibatnya keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk membentuk kepribadian individu yang gemar menerapkan hidup sehat sehingga dapat menurunkan angka kejadian penyakit tidak menular (PTM) dan terwujudnya Indonesia sehat. GERMAS meliputi 7 kegiatan, yaitu : melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Kegemukan dapat dikurangi bahkan dicegah dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai dengan GERMAS, yaitu :

1. Mengurangi asupan lemak dan karbohidrat,

2. Memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bjian utuh dan kacang.

3. Rutin melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit yang terbagi dalam 1 minggu (30 menit per hari, 5 hari dalam 1 minggu).

Bagi yang telah melakukan langkah-langkah di atas namun masih mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, dapat mencoba ramuan jamu. Beberapa tanaman obat penyusun Jamu penurun berat badan, antara lain :

Jati Belanda (Guazuma ulmifolia )

Air rebusan daun jati belanda mengandung senyawa alkaloid, saponin dan tanin. Daun jati belanda memiliki aktivitas menghambat enzim lipase pankreas sehingga penyerapan trigliserid dalam usus terganggu. Daun jati belanja juga mengandung musilago yang dapat mengembang dalam lambung sehingga menekan nafsu makan.

Daun Kemuning (Murraya paniculata)

Seperti halnya daun jati belanda, daun kemuning juga memiliki aktivitas menghambat enzim lipase pankreas. Air rebusan daun kemuning mengandung flavonoid, triterpenoid dan tanin. Senyawa aktif dalam daun kemuning dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan pembakaran timbunan lemak dalam tubuh.

Daun Tempuyung (Sonchus arvensis)

Daun tempuyung memiliki kandungan senyawa tanin yang dapat menghambat penyerapan makanan dan dapat mengatasi masalah kegemukan. Tempuyung juga  mengandung   oe-laktuserol,  p-laktuserol,   manitol,  inositol, silica, kalium, flavonoid dan taraksasterol. Air rebusan daun tempuyung memiliki efek diuretik yang membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi retensi air pada penderita obesitas.

Bangle (Zingiber cassumunar)

Rimpang bangle berdasarkan hasil penelitian memiliki daya hambat kuat terhadap enzim lipase pankreas. Air rebusan rimpang bangle mengandung flavonoid dan saponin.

Tanaman-tanaman di atas harus diminum dengan dosis dan jangka waktu tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker Rumah Riset Jamu (RRJ) Hortus Medicus untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

 

Referensi:

Ardiyanto, D., Triyono, A., Novianto, F., & Mana, A. T. (2018). Pengaruh jamu obesitas terhadap indeks massa tubuh, lingkar perut, dan lingkar lengan dibandingkan dengan Orlistat dan evaluasi keamanannya. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(3), 177–182. https://doi.org/10.22435/bpk.v46i3.900

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI (2023, July 19). Upaya ibu cegah anak stunting dan obesitas. 18 Januari 2022. https://www.kemkes.go.id/article/view/22011800003/upaya-ibu-cegah-anak-stunting-dan-obesitas.html

Gitawati, R., Widowati, L., & Suharyanto, F. (2015). Penggunaan Jamu pada pasien hiperlipidemia berdasarkan data rekam medik , di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia. JKI, 5(1), 41–48.

Iswantini D, Silitonga RF, Martatilofa E, Darusman LK. (2011). Zingiber cassumunar, Guazuma ulmifolia, and Murraya paniculata Extracts as Antiobesity: In Vitro Inhibitory Effect on Pancreatic Lipase Activity. HAYATI Journal of Biosciences, 18(1), 6–10. https://doi.org/10.4308/hjb.18.1.6.

Kementerian Kesehatan RI. (2023, July 19). Germas wujudkan Indonesia sehat. 15 November 2016. https://www.kemkes.go.id/article/view/16111500002/germas-wujudkan-indonesia-sehat.html

Rokom. (2023, July 19). Menkes: Sebagian Kasus Diabetes Sebenarnya Bisa Dicegah. 10 April 2016. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20160410/0814700/menkes-sebagian-kasus-diabetes-sebenarnya-bisa-dicegah/

Suwartiny, N. L., Rafi, M., & Rohaeti, E. (2022). Traditional Use, Phytochemical Composition, and Biological Activities of Sonchus arvensis. In REVIEW ARTICLE 540 Indonesian Journal of Pharmacy Indonesian J Pharm (Vol. 33, Issue 4). http://www.scopus.com/

World Health Organization. (2023, July 19). Obesity. https://www.who.int/health-topics/obesity#tab=tab_1

World Health Organization. (2023, July 19). Obesity and overweight. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight