Jumat, 18 Agustus 2023 14:26 WIB

Konsep 5 R

Responsive image
14919
Dini Yulia, SKM, MARS - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Konsep   5R   pada   dasarnya   merupakan   proses   perubahan   perilaku pengguna  bangunan  gedung dalam  melakukan  aktivitas  perkantoran dengan  menerapkan  prinsip  penataan  peralatan  dan  dukungan  sarana, peningkatan   kebersihan   dan   kedisiplinan   di   tempat   kerja   dengan menerapkan konsep, dimana  semua peralatan harus ada tempatnya dan harus  selalu  diletakkan  pada  tempatnya,  dengan  menerapkan  konsep tersebut   maka   setiap   pengguna   gedung   yang   melakukan   aktivitas perkantoran  terbiasa  bekerja  dalam  sebuah  lingkungan  kerja  dengan standar tempat yang jelas.

Konsep  5R  merupakan  bagian  dari  konsep kaizen,  yang  secara  harfiah memiliki  arti  perubahan  untuk  menjadi  lebih  baik  sehingga  apabila diterjemahkan  dan  diaplikasikan  pada  kegiatan  perkantoran  merupakan sebuah  penyempurnaan  yang    berkesinambungan    dalam  melakukan  berbagai aktivitas perkantoran.

Selain itu, dengan melaksanakan  konsep 5R pada aktivitas perkantoran, maka  secara  tidak  langsung    kemudahan  bekerja  perorangan  maupun kelompok  dapat    diciptakan.  Dengan    konsep  5R ,   maka   akan   menghasilkan   output   yaitu tercapainya efisiensi  efektifitas,   produktivitas,   dan   kualitas   suasana kerja.

5R,  yaitu :  Ringkas,  Rapi,  Resik,  Rawat,  Rajin  atau  5S  dalam  bahasa Jepang,  yaitu : Seiri,  Seiton,  Seiso,  Seiketsu,  Shitsuke  yang merupakan  suatu program  terstruktur  yang  secara  sistematis  menciptakan  ruang  kerja (workplace)  yang  bersih,  teratur  dan  terawat  dengan  baik.  Di  Jepang,  5S merupakan   suatu   filosofi   dan   suatu   cara   mengorganisasikan   dan mengelola   ruang   kerja   dengan   mengurangi   pemborosan.   5S   juga bertujuan meningkatkan budaya kerja, rasa memiliki dan tanggung jawab karyawan.

Definisi:

1.    Ringkas : memisahkan  benda yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan kemudian menyingkirkan yang tidak diperlukan.

2.    Rapi : menyusun   dengan   rapi   dan   mengenali   benda   untuk mempermudah    penggunaan    dan    mengatur    serta    menempatkan barang/ peralatan    kantor    sedemikian  rupa  sehingga    siapapun  dapat menemukannya  dengan  cepat  dan  tepat.  Dalam  melakukan  hal  ini  maka        harus    ada    sistem    penamaan    (labeling)    baik    pada barang/ peralatan maupun media penyimpanannya.

3.    Resik : selalu menjaga kebersihan area kerja meskipun sudah ada petugas  kebersihan.  Tanggung  jawab  menjaga  kebersihan    pada  area kerja merupakan tanggung jawab masing –masing pegawai.

4.    Rawat : mempertahankan/menjaga konsistensi perilaku karyawan dan kondisi  area  kerjanya  yang  sudah  baik    sesuai  dengan  prinsip (ringkas, rapi dan resik ) sebagai budaya kerja karyawan.

5.    Rajin : masing – masing    karyawan    berkomitmen    untuk  melaksanakan/mengimplementasikan    budaya    kerja    yang    sudah ditetapkan  tanpa perlu diingatkan oleh  Pimpinan/manajemen.

 

Referensi :

Implementasi Science for Improvement dalam Sektor Kesehatan, Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt & Certified Management Systems Lead Specialist. 2022

Petunjuk Teknis Gerakan Kantor Berbudaya, Hijau dan Sehat (BERHIAS) di Lingkungan Kemenkes – Kemenkes. 2018