Selasa, 01 Agustus 2023 08:17 WIB

Beragam Manfaat Es Batu untuk Wajah

Responsive image
33843
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Kamu bisa menggunakan skincare hingga melakukan ritual alami untuk mempercantik kulit. Nah, salah satu ritual alami yang disebut efektif mempercantik kulit adalah dengan menggunakan es batu ke kulit. Tidak hanya untuk mendinginkan minuman, es batu juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan wajah. Manfaat es batu untuk wajah beragam, salah satunya mengatasi mata dan wajah bengkak. Bahkan, es batu juga mampu meredakan jerawat yang meradang. Dengan membekukan air di freezer, es batu siap dijadikan bahan alami perawatan kulit wajah. Es batu memang banyak digunakan dalam berbagai metode penyembuhan penyakit, termasuk dalam perawatan kulit wajah. Es batu sering digunakan sebagai kompres dingin untuk meredakan pembengkakan dan peradangan di tubuh, misalnya akibat gigitan serangga atau cedera otot. Tidak hanya mengatasi kondisi medis pada tubuh, es batu juga dapat memberikan beragam manfaat kecantikan.

Beragam Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat es batu untuk wajah bisa langsung dirasakan tidak lama setelah mengompres wajah. Berikut ini adalah manfaat es batu untuk wajah yang dapat Anda peroleh :

1.      Meredakan wajah bengkak

Saat bangun tidur, wajah dan mata terkadang membengkak akibat penumpukan cairan dari aliran getah bening selama tidur. Untuk mengurangi pembengkakan, Anda dapat mengompres wajah menggunakan es batu.

Selain mengatasi bengkak pada wajah setelah bangun tidur, kompres es juga bisa mengurangi bengkak pada pipi akibat masalah gusi maupun cedera.

2.      Mengatasi mata bengak setelah menangis

Ketika Anda menangis, mata akan memproduksi air mata secara berlebihan. Sebagian keluar dari mata atau melalui saluran mata ke hidung, sisanya menumpuk dalam jaringan di kelopak mata sehingga bagian ini tampak membengkak.

Kompres dingin menggunakan es batu dapat mengurangi pembengkakan setelah menangis. Cara ini juga dapat meredakan penumpukan cairan di kelopak mata.

3.      Mengurangi produksi minyak di wajah

Manfaat es batu untuk wajah lainnya adalah mengurangi produksi minyak atau sebum di wajah. Ini karena es batu dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

4.      Mengatasi jerawat

Penggunaan es batu pada wajah juga mampu mengatasi jerawat yang meradang. Es batu memiliki sifat anti radang yang dapat meredakan tanda peradangan pada kulit yang berjerawat, seperti kemerahan, bengkak, dan nyeri.

5.      Mencerahkan wajah

Wajah cerah juga dapat diperoleh bila Anda kerap menggunakan es batu sebagai perawatan wajah. Ini karena es batu dipercaya bisa melancarkan sirkulasi darah, terutama di bagian wajah, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

6.      Menyamarkan kerutan di wajah

Penggunaan es batu untuk wajah juga dapat menyamarkan kerutan dan mencegah tanda penuaan dini pada wajah. Es batu diketahui bisa membuat kulit wajah makin kencang, sehingga kerutan-kerutan di wajah tersamarkan.

7.      Mengecilkan Pori-pori

Jika kamu membutuhkan uap panas untuk membuka pori-pori wajah, maka sebaliknya es batu bisa mengecilkan dan menutup pori-pori. Es batu juga bisa mengurangi penumpukan kotoran pada kulit wajah.

Untuk memperoleh manfaat satu ini, cukup oleskan es batu setiap hari pada area kulit selama 2-5 menit di tiap sesinya.

8.      Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Manfaat es batu untuk kecantikan berikutnya adalah mengatasi sunburn pada kulit tubuh maupun wajah. Es batu bersifat dingin sehingga dapat meredakan rasa nyeri dan panas akibat kulit terbakar.

Es batu juga bisa dicampur dengan aloe vera atau bahan lainnya yang juga efektif meredakan sunburn, seperti oatmeal.

9.      Meningkatkan Sirkulasi Darah

Karena bersifat dingin, ketika es batu dioleskan ke wajah, maka sirkulasi darah pun bisa lebih lancar. Tanda-tanda aging atau penuaan pun bisa dikurangi dan dicegah.

10.   Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga pada kulit cukup mengganggu karena menimbulkan rasa gatal. Padahal, jika digaruk malah dapat menyebabkan luka.

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan penggunaan es batu untuk mengurangi gatal dan bentol akibat gigitan serangga.

11.   Mengurangi Gatal Kulit

Tidak hanya karena gigitan serangga, gatal juga dapat disebabkan oleh eksim, psoriasis, biduran, scabies, dan berbagai kondisi kulit lainnya.

Untuk pertolongan pertama pada kulit gatal, AAD menyarankan kompres dingin selama 10-15 menit hingga gatal hilang pada area kulit yang terganggu. Selain dengan es, kompres bisa pakai kain yang dibasahi air dingin.

12.   Membantu Penyembuhan Luka

Luka pada kulit bisa saja terjadi di area tubuh manapun. Manfaat es batu untuk kecantikan kulit dapat membantu penyembuhan luka.

Kompres dingin dengan es batu dapat meredakan bengkak dan nyeri akibat kulit yang terluka.

13.   Membantu Prosedur Filler

Penggunaan filler untuk alasan kecantikan cukup populer akhir-akhir ini. Agar kamu merasa lebih nyaman saat proses penyuntikan filler, es batu dapat ditempelkan pada area suntikan untuk membuat bagian tersebut baal.

Pengaplikasiannya sebelum prosedur dimulai. Setelah filler, es batu dapat membantu mengatasi efek samping sementara, seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri.

14.   Mencerahkan Wajah

Manfaat es batu bagi kecantikan selanjutnya adalah mencerahkan wajah. Pemakaian es pada wajah dipercaya membantu mengurangi kerutan halus dan mengecilkan pori-pori. Wajah kamu pun terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Cara Menggunakan Es Batu untuk Wajah

Manfaat es batu untuk wajah di atas dapat Anda peroleh dengan membuat kompres dingin. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu menggunakan handuk yang tipis dan lembut.

Selanjutnya, gunakan kompres dengan gerakan memutar secara perlahan di area kulit wajah, seperti pipi, dagu, dahi, hidung, dan bawah mata. Lakukan selama 1-2 menit.

Meski es batu dapat memberikan beberapa manfaat bagi wajah, sebaiknya orang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak melakukan teknik facial icing atau metode menempelkan es batu ke kulit. Pasalnya, teknik ini dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Referensi :

Novensia Hutajulu. 2021. Segudang Manfaat Es Batu untuk Wajah. Jurnal Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Wang, Z.R. & Ni, G.X. 2021. Is it Time to Put Traditional Cold Therapy in Rehabilitation of Soft-Tissue Injuries Out to Pasture? World Journal of Clinical Cases, 9(17), 4116-4122.

Cleveland Clinic. 2021. Facial Icing : Is Ice Good for Your Face?

Johns Hopkins Medicine. How to Get Rid of Bags under Your Eyes.

Whitmore, L. Health. 2022. The Best Ways to Get Rid of Fine Lines in Your 20s, 30s, 40s, and 50s.

Frothingham, S. Healthline. 2023. Can Ice Facials Reduce Puffy Eyes and Acne?