Senin, 10 Juli 2023 09:40 WIB

Apakah Itu Pemeriksaan EKG?

Responsive image
434
dr. Fadhilla Umami - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Elektrokardiogram atau biasa disingkat EKG adalah alat untuk mengukur aktivitas listrik jantung. Pada setiap detak, impuls listrik (atau "gelombang") bergerak melalui jantung. Gelombang listrik ini menyebabkan otot meremas dan memompa darah dari jantung. Gelombang listrik inilah yang direkam oleh alat EKG.  Detak jantung yang normal pada EKG akan menunjukkan kecepatan dan irama kontraksi di bilik atas dan bawah.

Atrium kanan dan kiri atau serambi kanan dan kiri membuat gelombang pertama yang disebut "gelombang P" - mengikuti garis datar ketika impuls listrik menuju bilik bawah atau ventrikel. Bilik bawah kanan dan kiri membuat gelombang berikutnya yang disebut "kompleks QRS." Gelombang terakhir, atau "gelombang T", mewakili pemulihan listrik atau kembali ke kondisi istirahat untuk ventrikel.

Mengapa ini dilakukan?

EKG memberikan dua jenis informasi utama. Pertama, dengan mengukur interval waktu pada EKG, seorang dokter dapat menentukan berapa lama gelombang listrik melewati jantung. Dengan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan gelombang untuk bergerak dari satu bagian jantung ke bagian berikutnya, dapat diketahui apakah aktivitas listrik normal atau lambat, cepat atau tidak teratur. Kedua, dengan mengukur jumlah aktivitas listrik yang melewati otot jantung, seorang dokter mungkin dapat mengetahui apakah ada bagian jantung yang rusak, terlalu besar atau terlalu banyak bekerja.           

Apakah terasa sakit?

Pemeriksaan EKG tidak menimbulkan rasa sakit atau risiko yang terkait dengan pemeriksaan ini. Ketika salat EKG dipasang atau dilepas, mungkin ada sedikit rasa ketidak nyamanan.

Apakah berbahaya?

Pemeriksaan EKG tidak membahayakan. Mesin hanya merekam EKG. Mesin tidak mengalirkan listrik ke dalam tubuh.

 

Referensi:

American Heart Association

https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/electrocardiogram-ecg-or-ekg

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/doctor-with-checklist_1093610.htm#query=what s EKG&position=12&from_view=search&track=ais