Selasa, 27 Juni 2023 08:38 WIB

Manfaat Konsumsi Susu Kambing bagi Kesehatan

Responsive image
21939
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Tidak hanya dagingnya, susu kambing memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, mengonsumsi susu kambing bahkan dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung.

Beberapa fakta ilmiah menunjukkan bahwa susu kambing mempunyai keunggulan dibandingkan susu sapi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa susu kambing memiliki karakteristik sensori yang khas karena adanya aroma goaty yang bersumber dari asam lemak rantai pendek (asam lemak kaprat, kaprilat, dan kaproat). Susu kambing mempunyai daya cerna lebih baik dibandingkan susu sapi. Penelitian lain menunjukkan bahwa ukuran globula lemak dan protein dalam susu kambing lebih kecil dibandingkan susu sapi sehingga lebih mudah dicerna.

Sebagai produk yang memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi, susu memiliki daya simpan yang relatif singkat jika tidak dilakukan proses penanganan yang tepat baik dalam pengolahan, penyimpanan, maupun distribusi. Selain itu, kandungan laktosa yang ada pada susu tidak cocok diberikan pada seseorang yang memiliki masalah pencernaan laktosa (Lactose Intolerance). Pengolahan susu menjadi produk fermentasi dapat dilakukan untuk meningkatkan masa simpan produk susu dengan adanya penurunan pH produk. Selain itu, fermentasi menggunakan karbohidrat (laktosa) sebagai substrat sehingga total laktosa produk mengalami penurunan.

Kefir merupakan salah satu jenis produk fermentasi dari susu. Produk ini dibuat dengan penambahan bakteri asam laktat (BAL) seperti Lactobacillus acidophilus sebagai starter dalam bentuk biji kefir ke dalam susu hingga terjadi proses fermentasi.

Susu kambing dengan karakteristik yang khas merupakan bahan baku potensial untuk membuat kefir. Pemilihan bahan baku tentunya tidak hanya dengan alasan kualitas, tetapi juga berdasarkan potensi ketersediannya. Produk kefir yang dihasilkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa produk dari kefir diharapkan memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan produk susunya. Karakteristik kefir dengan nilai gizi tinggi dan rendah laktosa diharapkan dapat menjadi pangan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan, khususnya pada kelompok dewasa atau lansia yang memerlukan asupan tinggi kalsium atau memiliki masalah intoleransi laktosa.

Beberapa manfaat yang didapat dalam konsumsi susu kambing di antaranya yaitu :

1.    Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu kambing diketahui memiliki manfaat yang potensial dalam menjaga serta menguatkan tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena susu kambing mengandung kalsium yang cukup banyak.

2.    Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Selain memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut, protein susu kambing dinilai lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing bahkan mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik agar jumlahnya tetap terjaga demi kesehatan sistem pencernaan.

3.    Meningkatkan imunitas tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi sistem imun. Susu kambing diketahui mengandung selenium yang cukup banyak ketimbang susu sapi. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan ketika imunitas tubuh bekerja dengan baik adalah dapat mencegah serangan penyakit.

4.    Sebagai nutrisi baik dan alami

Kambing dikenal sebagai hewan sodium bio-organik sebab berkhasiat untuk meningkatkan semangat, fleksibilitas dan vitalitas bagi orang yang gemar mengkonsumsi susu kambing. Sodium bio-organik merupakan elemen yang menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Selain itu, susu kambing juga banyak digunakan sebagai obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.

5.    Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Manfaat lain dari susu kambing yaitu sebagai gizi tambahan bagi ibu hamil. Selain itu, dampak mengkonsumsi susu kambing etawa pada ibu hamil akan menyehatkan janin juga. Sedangkan bagi ibu yang menyusui, susu kambing baik untuk memperlancar ASI.

6.    Dapat menyehatkan kulit

Manfaat lainnya bahwa susu kambing ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah dan lulur. Cara ini berguna untuk menghaluskan kulit serta mengecilkan pori-pori wajah sehingga terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat.

7.    Mencegah penyakit kardiovaskular

Susu kambing diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda, serta trigliserida rantai sedang (MCT) yang cukup potensial daripada susu sapi. Berkat kandungan tersebut, manfaat susu kambing lainnya adalah dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Dalam sebuah ulasan yang lainnya juga menyampaikan hal yang sama terkait dengan manfaat baik kefir maupun susu kambing memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia antara lain menghindari resiko terkena kanker kolon, menghambat pertumbuhan sel tumor, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung koroner, mencegah infeksi saluran urin, hingga merangsang pembentukan sistem imun tubuh.

Meski kita ketahui bahwa manfaat susu kambing ada banyak, tentunya perlu juga membatasi konsumsi susu kambing secara tidak berlebihan. Mengingat tingginya kalori dalam susu kambing dibandingkan susu sapi, tentunya hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Mengingat banyaknya manfaat yang terkandung dari susu kambing, tentunya perlu juga dilakukan penelitian lebih dalam lagi, untuk mengetahui nilai manfaat yang lebih maksimal dan mengetahui kekurangan yang ditimbulkan apakah ada efek sampingnya atau tidak sama sekali.

 

Referensi :

Chandan RC, Kilara A. Manufacturing Yogurt and Fermented MilksManufacturing Yogurt and Fermented Milks. 2006. 1-364 p.

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/63-10-manfaat-super-susu-kambing-etawa-bagi-kesehatan.

Park YW, Ju M, Ramos M, Haenlein GFW. Physico-Chemical Characteristics of Goat and Sheep Milk. 2007;68:88-113.

O’Brien K V., Aryana KJ, Prinyawiwatkul W, Ordonez KMC, Boeneke CA. Short Communication : The Effects of Frozen Storage on The Survival of Probiotic Microorganisms Found In Traditionally and Commercially Manufactured Kefir. J Dairy Sci. 2016;99(9):7043-8.

Angga Hardiansyah. Identifikasi Nilai Gizi dan Potensi Manfaat Kefir Susu Kambing Kaligesing. Program Studi Gizi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Jl. Prof. Hamka Km 2, Ngaliyan, Semarang, 50185 Indonesia.