Kamis, 22 Juni 2023 12:00 WIB

Hal Esensial Mewujudkan Konsistensi

Responsive image
527
Dini Yulia, SKM, MARS - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Seringkali, kita berpikir sukses adalah tentang melakukan sesuatu terus menerus sampai akhirnya kita melihat hasilnya. Seperti dalam melakukan suatu kebiasaan dalam pekerjaan, namun itupun tidak selalu berhasil.

Dalam melihat peningkatan hidup, kita harus belajar cara melakukan sesuatu yang konsisten. Konsistensi merupakan faktor yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Apapun bidang pekerjaan yang dilakukan apakah itu bisnis, seni, hukum, maupun kesehatan, konsistensi merupakan kunci utama.  Konsistensi adalah hal esensial yang membantu menciptakan perubahan dalam hidup untuk menjadi seseorang yang profesional.

Bagaimana agar bisa bekerja secara konsisten :

1. Punya visi

Jika ingin konsisten, kita harus mempunyai visi jelas tentang what you want? Mengetahui apa yang ingin dicapai dan tahu mengapa menginginkannya. Jika dari awal visi kita sudah jelas, kita tidak akan kebingungan menentukan langkah selanjutnya, hanya tinggal improvisasi saja.

2. Fokus pada tujuan

Punya banyak keinginan memang tidak salah, tapi alangkah baiknya jika kita fokus pada satu  tujuan dan benar-benar berniat untuk menekuninya. Seperti misalnya, perokok yang ingin berhenti merokok sekaligus melakukan diet. Jika dia tidak fokus, dia justru akan gagal di keduanya. Maka dari itu, pilih satu hal lalu perjuangkan hingga berhasil.

3. Buat jadwal prioritas kegiatan

Sebelum hari-hari yang penuh keluh kesah akibat kesibukan, buat jadwal kegiatan dan urutkan berdasarkan prioritas. Dengan mendahulukan prioritas, kita akan terbiasa konsisten dan mudah menyesuaikan ritme kerja. Seperti misalnya, memberi porsi lebih pada membaca artikel bermanfaat dibandingkan waktu bergosip dengan teman kantor.

4. Abaikan sugesti negatif

Dalam mewujudkan konsistensi, kita harus berusaha mengabaikan  kata-kata seperti “Aduh, saya malas”, “Saya tidak mampu” dan sebagainya. Semua orang pasti pernah merasakan hal itu, termasuk anda. Mulailah melatih diri untuk mengabaikan kata-kata negatif dalam fikiran. Kita sendiri yang dapat menentukan tujuan hidup kita !

5. Kejar ketertinggalan

Semua orang pasti pernah gagal, berhasil atau tidaknya orang tersebut, hanya dia sendiri yang menentukan. Jika itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Diam di tempat atau coba lagi? Ciri orang konsisten, ia akan selalu terbawa dalam suasana kompetitif. Ia akan mengejar ketertinggalan dan tidak punya waktu untuk menyalahkan diri sendiri.

Yang perlu kita ingat, sukses tidak instan, tidak datang hanya dengan sekali percobaan, perlu dilakukan berulang kali dan mengalami jatuh bangun. Itu sudah biasa.

Sukses bukan tentang bakat atau keberuntungan, ini tentang Konsistensi !

 

Referensi :

Simon T. Bailey - Tips for Consistent Personal Growth

Marie Forleo, enterpreneur & filantropis – Kiat Bekerja Secara Konsisten