Rabu, 26 April 2023 07:46 WIB

Mengenal Qigong [Meditasi Bergerak]: Mengubah Emosi Negatif menjadi Senyuman

Responsive image
3037
Ni Putu Budi Mulianingsih, SE, MPH - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Istilah Meditasi sudah semakin populer di era digital dimana dengan adanya kemajuan teknologi tidak sulit bagi masyarakat untuk mengetahuinya. Kita sering sekali mendengar orang-orang menyebutkan kata meditasi. Dengan Kemajuan teknologi membuat jarak semakin dekat dan manusia cenderung untuk menghabiskan waktunya dengan smartphone. Penggunaan yang berlebihan menyebabkan daya kerja otak menurun dan ini membuat pikiran menjadi mudah lelah, cepat emosi dan stress.  Meditasi diyakini dapat mengatasi stress dan meningkatkan energi positif.

Meditasi sudah menjadi aktivitas utama sekarang ini. Data statistik global menyebutkan diperkirakan antara 200 sampai 500 juta orang melakukan meditasi. Menurut Data dari Nasional Library of Medicine sejak tahun 2012 jumlah orang yang melakukan meditasi dan jumlahnya menjadi 3 kali lipat pada orang dewasa. Setidaknya 14?ri orang dewasa Amerika melakukan meditasi sekali dan 7?ri anak anak rutin melakukan meditasi reguler. Orang dewasa umur 45-64 adalah grup yang paling banyak melakukan meditasi menurut data National Centre of Health Statistic Tahun 2018. 

Dalam Jurnal of Women’s Health menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih banyak melakukan meditasi dibandingkan laki-laki yaitu 10,3 % dibandingkan 5,2% Laki-laki.  Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh US Nasional Health Interview Tahun 2012 kepada orang Amerika menyebutkan alasan mereka melakukan meditasi untuk kesehatan dan pencegahan penyakit sebesar {74%}, penanganan penyakit tertentu {30%}, kesehatan emosional {91%}, managemen stress {92%}, {BMC Complement Altern Med, 2017}. Jadi Kesehatan mental dan Menjaga keseimbangan emosi menjadi alasan utama melakukan meditasi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Meditasi Qigong?

Qigong atau Chi Kung berasal dari kata dalam bahasa China ’Qi’ yang artinya energi vital, nafas, udara yang merupakan sumber kehidupan. Energi ini merupakan sumber kekuatan yang mengalir pada semua mahluk hidup. ’Gong’ artinya bekerja atau mendapatkan manfaat dari latihan yang tekun. Qigong artinya bekerja dengan energi vital yaitu latihan bagaimana  mengontrol gerakan dan menyalurkan energi Qi untuk memperbaiki kesehatan dan keseimbangan pikiran dan tubuh. Qigong merupakan salah satu metode pengobatan tradisional China yang menggabungkan latihan atau gerakan lembut dan pelan, tehnik pernapasan, dan meditasi [kesadaran terfokus]. 

Bagaimana Qiqong Mempengaruhi Kesehatan Emosional

System pengobatan tradisional Tiongkok lebih menitik beratkan pada system energi dalam tubuh. Dikatakan bahwa setiap mahluk hidup memiliki energi biologis. Energi Biologis atau ’Qi itu bergerak melalui jalur atau jaringan yang namanya meridian. Apabila jalur meridian ini tersumbat maka akan menimbulkan masalah pada tubuh. Melalui latihan Qigong diyakini dapat, mengaktifkan energi ’Qi , menjaga kelancaran aliran Qi dan darah , menjaga meridian tidak tersumbat, menjaga ’Qi’ dan darah bergerak ke arah yang benar [tidak terbalik] dan mempertahankan sifat energi Qi untuk mempertahankan keseimbanga.

Energi Qi bersifat tidak stabil dan sensitif. Energi ini mudah dipengaruhi oleh emosi dan faktor external. Apabila energi  mengalir ke arah yang salah dapat mengakibatkan  terjadi gangguan keseimbangan. Dikatakan dalam pengobatan tradisional China [TCM] semua emosi adalah ’Qi baik marah, kecemasan frustasi dan emosi positif termasuk bahagia, senang dan  lainnya. Jadi sesuai dengan teori dalam pengobatan China, sehat berarti adanya pasokan energi yang penuh dan mengalir lancar. Dalam Ilmu China disebutkan dimana ada energi ’Qi’ mengalir maka darah juga mengalir lancar. Diibaratkan tubuh itu seperti baterai yang bisa drop, dijaga dan di recharge [diisi]. Perawatan yang baik dapat membantu menjaga kesehatan.

Latihan yang teratur dalam Qigong dapat secara penuh me recharge tubuh dan meningkatkan sumber energi penyembuh. Sirkulasi darah dan energi yang lancar akan mempengaruhi keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh dan emosi.

Apakah Qigong Aman?

Qigong merupakan aktifitas yang aman. Ada banyak studi tentang Qigong menyatakan bahwa tidak ada dampak yang negatif  yang diakibatkan bagi orang yang mempraktekkan, termasuk orang dengan penyakit kronis dan orang tua karena gerakanya lembut, pelan dan konsentrasi pada nafas. 

Bagaimana Gerakan Qigong ?

Ada beragam jenis gerakan Qigong diantaranya sebagai berikut:

  1. Gerakan Menyanggah Langit. Gerakan ini bermanfaat untuk keseimbangan penglihatan dan menghangatkan aliran energi pada meridian
  2. Gerakan menyanggah tangan. Gerakan ini bermanfaat menyehatkan meridian perut dan limfa.
  3. Gerakan memutar lengan dan membentangkan dada. Gerakan ini bermanfaat untuk kesehatan tulang belakang, mengembalikan deplesi  energi, memperbaiki vitalitas,  meningkatkan level energi dan konsentrasi dan memperlambat penuaan.
  4. Gerakan mengusap pinggang sampai ke kaki. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk menstimulasi energi dan mengatur seluruh pembuluh yang berada di meridian bawah dan seluruh organ yang bersifat padat.

 Apa Saja Manfaat Qigong

Berbagai Manfaat Qigong yang dirangkum dari beberapa sumber  yaitu:

  1. Meningkatkan kesehatan tubuh
  2. Menenangkan pikiran dan membuat nyaman
  3. Membuat hati sejuk dan gembira
  4. Memudahkan tersenyum dan damai
  5. Meningkatkan fungsi paru dan jantung
  6. Membuat tidur nyenyak
  7. Menjaga keimbangan
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  9. Memperbaiki gangguan emosional
  10. Meningkatkan keyakinan diri
  11. Meningkatkan vibrasi positif
  12. Mengurangi Depresi dan kecemasan
  13. Meningkatkan Produktifitas dan kualitas hidup
  14. Meningkatkan kualitas spirit.

 

 

Referensi :

Bedosky, L. [Reviewed by 2022]. What is Qigong? A Beginer’s Guide to This Energetic Movement Practice. Diakses pada 23 Maret 2023, dari https://www.everydayhealth.com/wellness/what-is-qigong-a-beginners-guide-to-this-energetic-movement-practice/

Cohen, KS. [1997]. The Way of Qigong, The Art and The Science of Chinese Energy Healing. New York: Ballantine Books.

Ensiklopedia. [Tanpa Tahun]. Qigong. Diakses pada 22 Maret  2023, dari https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Qigong

Freidman, S.B. [2009]. Heal Yourself with Qigong: Gentele Practise to increase Energi, restore health and relax the mind.  Oakland, CA: New Harbinger Publications.

Gondosari, ALesius H. [2013]. The Secret of 5 Elements. Terapi sehat  Bahagia yang murah dan praktis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, A. [2021]. 8 Manfaat Qigong untuk Kesehatan tubuh, bnatu padatkan tulang dan redakan depresi. Diakses pada 21 Maret 2023, dari https://www.merdeka.com/jabar/8-manfaat-qigong-untuk-kesehatan-tubuh-bantu-padatkan-tulang-dan-redakan-depresi-kln.html

Qigong What You Need to Know. [Tanpa Tahun}. NIH-National Centre of Complementary and Integrated Health. Diakses pada 23 Maret 2023,  dari https://www.nccih.nih.gov/health/qigong-what-you-need-to-know.

Setyaningsih, P. [2021]. Relaksasi Kesehatan Mental dengan Qi Gong. Diakses pada 21 Maret 2023, dari  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tarakan/baca-artikel/13799/Relaksasi-Kesehatan-Mental-dengan-Qi-Gong.html

Yang, Jingduan. {2022]. Apa Itu Qigong dan Bagaimana Anda Menemukan Yang Baik, Diakses pada 22 Maret 2023 , dari

https://etindonesia.com/2022/08/20/apa-itu-qigong-dan-bagaimana-anda-menemukan-yang-baik/

Zuha, K. [2023]. Meditasi Qigong: Pengertian, Gaya dan manfaatnya. Diakses pada 21 Maret 2023, dari https://www.idntimes.com/health/fitness/husein-fadhilah/meditasi-qigong-c1c2