Selasa, 18 April 2023 15:05 WIB

Rahasia Sehat Terbebas dari Rasa Nyeri, Penyakit Orang Kantoran yang Duduk Seharian di Depan Komputer

Responsive image
488
Ni Putu Budi Mulianingsih, SE, MPH - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Menjadi pegawai kantoran adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Pengawai  Kantoran dianggap memiliki prestise tersendiri  bagi sebagian masyarakat.  Mereka mengira menjadi pegawai kantoran sangatlah menyenangkan karena  memiliki jam kerja yang teratur dan berpenghasilan tetap. Namun dibalik itu  tahukan anda bahwa sebenarnya menjadi pegawai kantoran juga memiliki  banyak masalah yang menyangkut Kesehatan.

Pegawai Kantoran mempunyai pekerjaan rutin setiap harinya terutama yang bekerja di pelayanan publik seperti rumak sakit, bank dan lainnya. Pekerjaan itu menuntut mereka untuk menyelesaikan tepat pada waktunya. Pekerjaan yang bertumpuk untuk segera diselesaikan kadang tidak sebanding dengan jumlah sumber daya yang ada sering menjadi masalah utama. Terkadang pegawai harus menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan diwaktu yang sama belum lagi tekanan atasan dan keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tapi tidak selesai sering memicu terjadinya stress. Stress dan orang kantoran tidak dapat dipisahkan. Belum lagi pekerjaan yang monoton setiap harinya juga menyebabkan kebosanan dan rasa jenuh. Stress dan pikiran negative lainnya  bila tidak ditanggulangi akan menimbukan berbagai penyakit.  Posisi duduk orang kantoran yang terus membungkuk seharian di depan computer atau laptop yang terlalu lama juga akan membuat otot menjadi kaku dan tegang dan menjadi pemicu munculnya rasa nyeri pada punggung, bahu, leher dan kepala. 

Stress yang berlebihan akibat beban kerja juga sering memunculkan rasa nyeri pada perut. Nyeri yang berkepanjangan bila tidak ditanggulangi berakibat fatal dan mengganggu produktifitas kerja pegawai kantor. Stress yang bisa dikendalikan akan membantu kita untuk lebih produktif. Stress  yang dikelola dengan baik  akan membuat kita lebih sehat dan bersemangat dalam hidup, bekerja dan belajar. Nah Bagaimana cara menanggulangi rasa sakit yang muncul saat kita bekerja?

Nah berikut ini adalah rahasia sehat untuk menamggulangi berbagai rasa nyeri akibat bekerja di depan computer/laptop yaitu  :

  1. Melakukan Yoga atau peregangan. Yoga adalah olahraga yang low intensity sehingga aman dilakukan. Dengan terus Latihan yoga akan sangat membantu untuk terbebas dari rasa nyeri akibat kerja. Apa itu yoga? Yoga merupakan sebuah latihan fisik yang lembut  yang menggunakan perpaduan teknik peregangan tubuh, bernafas, relaksasii/meditasi dan kelenturan tubuh untuk mencapai keseimbangan antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas. Gerakan yoga akan membantu meringankan sakit punggung karena gerakan peregangan akan membantu otot pada punggung bahu dan leher menjadi lebih lentur. Yoga dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih relax dan tenang. Ada beberapa jenis yoga dan dalam yoga ada beberapa pose disesuaikan dengan kebutuhan, seperti gerakan peregangan pada leher, pundak, bahu dan pinggang.  
  2. Melakukan relaxasi. Relaksasi adalah teknik yang digunakan untuk membantu meredakan stres dan emosi negatif lainnya. Dengan relaksasi kita diajarkan untuk melepaskan pikiran kita sejenak dari ketegangan. Metodenya adalah dengan diam sambal duduk atau tidur terlentang diatas tikar. Kemudian Tarik nafas dan keluarkan nafas secara  teratur beberapa menit. Pikiran Anda bisa lebih tenang dan jernih dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Nah apalagi yang ditunggu mari kita coba.
  3. Menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat seperti banyak makan sayur, buah dan minum air yang cukup serta rajin bangun pagi dan tidak begadang dan selalu berpikir positif akan sangat membantu untuk meredakan stress dan mencegah  

 

 

Referensi :

Fadli, R.  [2022]. Yoga, diakses pada 29 Juli 2022, dari 

https://www.halodoc.com/kesehatan/yoga

Jati, A, [2022]. Cara meredakan stress dengan pola makan sehat, diakses pada 21 Oktober 2022, dari https://www.bola.com/ragam/read/5103280/cara-meredakan-stres-dengan-pola-makan-sehat

Kurniasih, DD, [2022]. Relaksasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Hingga Tekniknya, diakses pada 17 Nopember 2022, dari https://www.detik.com/bali/berita/d-6411082/relaksasi-adalah-pengertian-tujuan-hingga-tekniknya

Setyaka, Heru. (2016). Hidup Sehat Kinerja Melejit Rujukan Pola Hidup dan Pola Makan Sehat Khusus Orang Kantoran. Yogyakarta:Saufa.