Senin, 17 April 2023 10:38 WIB

Tetap Nyaman di Rumah Saat Mengalami Flu

Responsive image
625
dr. Putu Diah Vedayanti, Sp.THT-KL - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Ketika mengalami flu, orang-orang memberikan saran untuk meminum obat ini, menggunakan minyak gosok itu, mengonsumsi ramuan ini, mengolesi krim itu. Begitu banyak yang harus dicoba sehingga kadang kita bingung harus bagaimana. Sebenarnya tidak ada obat yang bisa langsung menyembuhkan dan menghilangkan flu seketika, namun kita dapat mengelola gejala sehingga merasa lebih nyaman selama mengalami flu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dan diperhatikan di rumah saat mengalami flu:

1.  Istirahat

Tubuh membutuhkan istirahat untuk membantu memulihkan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal. Itu sebabnya kita akan tidur lebih lama saat sakit, jangan khawatir karena itu adalah pertanda tubuh sedang melawan infeksi. Jika gejala flu yang dialami adalah gejala ringan, Anda dapat berolahraga di rumah saja agar tidak menulari orang lain. Namun perlu diingat bahwa ketahanan fisik kita tidak akan setinggi saat sehat, jadi jangan berlebihan saat berolah raga. Jika gejala flu yang dialami lebih berat atau secara umum Anda merasa lemah, sebaiknya beristirahatlah, dan rutinitas olah raga dapat dilakukan kembali setelah sembuh.

2.  Tetap terhidrasi

Tubuh umumnya mengeluarkan lebih banyak cairan saat sakit, terutama jika demam, pilek berat, dan berkeringat. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, maka meminum cukup cairan sama pentingnya dengan beristirahat. Namun hindari minuman kemasan yang manis, minuman berkafein, serta beralkohol. Air dan teh hangat dengan sedikit lemon atau madu, dapat menjadi alternatif bila Anda ingin sesuatu yang manis sekaligus membantu meredakan gejala.

3.  Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur air hangat dengan sedikit garam dapat meredakan sementara gejala sakit tenggorokan. Larutan ini juga dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi dahak yang mungkin menempel di kerongkongan. Namun perlu diperhatikan bahwa larutan tersebut sebaiknya jangan ditelan.

4.  Mencuci hidung

Jika flu yang Anda alami disertai dengan gejala hidung tersumbat, mencuci hidung dengan larutan saline (NaCl 0.9%) dapat membantu membersihkan ingus dan mengurangi gejala tersebut. Jika Anda membuat sendiri larutan saline di rumah, sebaiknya jangan gunakan air keran, tapi gunakan air bersih masak atau air mineral untuk mencegah infeksi bakteri atau iritasi akibat kandungan kaporit di air. Larutan dijaga dalam suhu ruang, tidak dingin dan tidak panas. Pastikan Anda membersihkan penyemprot larutan secara menyeluruh setelah digunakan untuk mencegah bersarangnya jamur atau bakteri. Bila Anda menggunakan larutan saline dari fasilitas kesehatan, simpan di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari serta tutup dengan baik untuk menghindari debu, kotoran, atau jamur.

5.  Minum obat flu yang dijual bebas (over the counter/OTC)

Terdapat banyak obat flu yang dijual bebas di apotek yang dapat Anda konsumsi, namun yang perlu diingat adalah konsumsi obat tersebut harus sesuai dengan dosis anjuran. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa obat sebelum dikonsumsi. Beberapa obat dapat meredakan gejala hidung tersumbat dan batuk tetapi membuat Anda mengantuk, sehingga penggunaannya sebaiknya dihindari bila Anda harus melakukan aktivitas seperti mengendarai kendaraan. Beberapa obat juga dapat menyebabkan interaksi dengan obat lain, sehingga sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat flu. Hindari juga mengkombinasikan beberapa obat untuk mencegah terjadinya interaksi obat. Tetapi jika flu memburuk atau tidak membaik setelah seminggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

6.  Menjaga kebersihan rumah

Bila flu terjadi berulang kali, perlu dipertimbangkan untuk memperhatikan lagi kebersihan lingkungan rumah terutama kamar. Gantilah sprei secara berkala, jemur kasur dan sofa di bawah terik matahari, buka jendela dan bersihkan ventilasi kamar untuk membantu pertukaran udara di ruangan, bersihkan filter penyejuk udara, serta bersihkan kamar secara menyeluruh. Semua hal tadi dapat dilakukan untuk mengurangi paparan debu dan pemicu alergi yang mungkin menyebabkan munculnya gejala flu yang Anda alami.

7. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat penting dilakukan sehari-hari termasuk saat anda mengalami flu, karena zat gizi seperti protein, karbohidrat, dan lainnya juga dibutuhkan untuk menunjang sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman. Asupan vitamin dan mineral tambahan dapat dikonsumsi juga, namun sebaiknya diperhatikan bahwa Anda tidak perlu menambah dosis vitamin dan mineral yang lebih banyak dari biasanya, karena menurut penelitian ternyata peningkatan dosis asupan suplementasi tersebut saat mengalami flu tidak memberikan efek yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan dosis harian biasa, malah Anda meningkatkan kerja hati dan ginjal untuk membuangnya dari tubuh.

 

Demikian tadi beberapa hal yang dapat anda lakukan dan perhatikan selama mengalami flu di rumah agar tetap merasa nyaman dan menunjang penyembuhan. Jika gejala flu tidak membaik setelah seminggu atau malah memburuk sebelum satu minggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

 

 

Referensi :

https://www.cdc.gov/flu/index.htm