Senin, 17 April 2023 10:28 WIB

Peringatan Hari Diabetes Sedunia 14 November 2022

Responsive image
1570
Ida Bagus Aditya Nugraha - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Hari Diabetes Sedunia (WDD) digagas pada tahun 1991 oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran tentang ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes. Hari Diabetes Sedunia menjadi Hari PBB resmi pada tahun 2006 dengan disahkannya Resolusi PBB 61/225. Itu ditandai setiap tahun pada tanggal 14 November, hari ulang tahun Sir Frederick Banting, yang ikut menemukan insulin bersama dengan Charles Best pada tahun 1922.

WDD adalah kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau audiens global lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara. Kampanye ini menarik perhatian pada isu-isu yang sangat penting bagi dunia diabetes dan membuat diabetes tetap menjadi sorotan publik dan politik.

Kampanye Hari Diabetes Sedunia bertujuan untuk: platform untuk mempromosikan upaya advokasi IDF sepanjang tahun, penggerak global untuk mempromosikan pentingnya mengambil tindakan terkoordinasi dan terpadu untuk menghadapi diabetes sebagai masalah kesehatan global yang kritis

Kampanye tersebut diwakili oleh logo lingkaran biru yang diadopsi pada tahun 2007 setelah disahkannya Resolusi PBB tentang diabetes. Lingkaran biru adalah simbol global untuk kesadaran diabetes. Ini menandakan kesatuan komunitas diabetes global dalam menanggapi epidemi diabetes.

Setiap tahun, kampanye Hari Diabetes Sedunia berfokus pada tema khusus yang berlangsung selama satu tahun atau lebih. Tema Hari Diabetes Sedunia pada tahunn 2022 adalah Education to Protect Tomorrow. Sebuah tema yang sangat fundamental, mendasar, dan merupakan salah satu dari keempat pilar dalam penanganan Diabetes. Edukasi seperti kita ketahui merupakan hal yang mungkin sering dilakukan oleh para nakes, namun terkadang makna dari edukasi atau informasi penting yang ingin tersampaikan dalam edukasi tersebut belum dapat disampaikan sepenuhnya.

Bagi Indonesia sendiri khususnya pada organisasi keseminatan kami yang bergerak dalam bidang Diabetes seperti PERKENI ( Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) serta PERSADIA ( Persatuan Diabetes Indonesia). Ke depannya semua stakeholder yang bergerak ditambah dengan partisipasi akttif para tenaga medis, dan paramedis, dan tentunya para pasien diabetes sendiri semoga dapat memberikan dampak yang baik serta bisa mengurangi jumlah penyandang diabetes di Indonesia. Salam Sehat Sehat Indonesia.

 

 

Referensi :

International Diabetes Federation (IDF). 2002. Available at: https://worlddiabetesday.org/resources/wdd2021-23/web-banners-and-social-visuals/. Accesed: 01st November 2022

https://persadia.or.id/. Persatuan Diabetes Indonesia

https://pbperkeni.or.id/ Perkumpulan Endokrinologi Indonesia