Senin, 17 April 2023 10:13 WIB

Apa itu Skors METS?

Responsive image
8983
Dr. Tjahya Aryasa EM, Sp.An, KAO - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Seluruh kegiatan kita sehari-hari tentunya memerlukan energi. Energi ini berasal dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi dan diubah leh metabolisme tubuh untuk menggerakan tubuh kita. Selain itu energi juga digunakan untuk kerja berbagai organ di tubuh kita seperti jantung, otak, dan paru-paru. Namun besarnya energi yang digunakan setiap hari biasanya berubah-ubah. Tergantung dari seberapa berat aktivitas kita pada saat itu.

Salah satu ukuran penggunaan energi yang sering digunakan adalah metabolic equivalent of task(s) atau dapat disebut METs. Satu Metabolic Equivalents (METs) didefiniskan sebagai jumlah oksigen yang dikonsumsi saat duduk diam dan sama dengan 3,5 ml O2 per kilogram berat badan x menit. onsep MET mewakili prosedur yang sederhana, praktis, dan mudah dipahami untuk mengekspresikan biaya energi dari aktivitas fisik sebagai kelipatan laju metabolisme istirahat. Energi yang digunakan dalam suatu kegiatan dapat ditentukan dengan membagi biaya oksigen relatif dari kegiatan tersebut (ml O2 / kg / menit) x sebesar 3,5.

Semakin tinggi nilai METs suatu aktivitas, maka artinya kebutuhan energi yang digunakan juga akan semakin besar. Kegiatan yang membutuhkan aktivitas fisik berat, seperti berbagai jenis olahraga, berenang, bersepeda, dan bermain lompat tali merupakan contoh aktivitas fisik dengan nilai METs diatas 6.

Misalnya, 1 MET adalah tingkat pengeluaran energi saat diam. Aktivitas 4 MET menghabiskan 4 kali energi yang digunakan tubuh saat istirahat. Jika seseorang melakukan aktivitas 4 MET selama 30 menit, ia telah melakukan aktivitas fisik 4 x 30 = 120 MET-menit (atau 2,0 MET-jam). Seseorang juga dapat mencapai 120 MET-menit dengan melakukan aktivitas 8 MET selama 15 menit.

Dalam tabel dapat dilihat semakin berat aktivitas fisik kita maka akan semakin besar METs yang kita gunakan. Hal ini dapat digunakan menjadi suatu pedoman untuk meningkatkan aktivitas fisik kita. Hindari terlalu banyak melakukan aktivitas fisik dibawah 1,5 MET, karena dengan begitu kita dapat terjebak dengan gaya hidup sedenter. Gaya hidup sedenter telah ditemukan sebagai salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kematian karena gangguan kesehatan jantung.

 

 

Referensi :

Themusclemechanicuk.com (2020). What Are Metabolic Equivalents (METs)? | The Muscle Mechanic. [online] Available at: https://themusclemechanicuk.com/what-are-metabolic-equivalents-mets/ [Accessed 10 Oct. 2022]