Selasa, 21 Maret 2023 09:03 WIB

Diabetes dan Penyakit Jantung

Responsive image
1611
Hans Nuari - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Pasien dengan diabetes atau penyakit kencing manis lebih berisiko terkena penyakit jantung. Diabetes juga meningkatkan faktor risiko penyakit jantung lainnya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan dislipidemia (peningkatan kadar kolesterol).

Tingginya kadar gula dalam darah pada pasien diabetes akan menyebabkan kerusakan lapisan dalam pembuluh darah (endotel), yang dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi dalam jangka waktu lama akan kian merusak pembuluh darah. Dislipidemia merusak lapisan endotel dan menyebabkan penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah arteri koroner di jantung dapat berakibat fatal yaitu serangan jantung.

Pasien dengan diabetes, terutama yang tidak terkontrol, cenderung menderita penyakit jantung pada usia yang lebih muda. Risiko penyakit jantung meningkat dengan adanya faktor-faktor penyerta lainnya, seperti usia tua, jenis kelamin laki-laki, kebiasaan merokok, riwayat keluarga, dan obesitas atau kegemukan.  

Pemeriksaan berkala gula darah sangat membantu kontrol gula darah. Pemeriksaan gula darah dapat berupa pemeriksaan gula darah sewaktu, gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan, dan pemeriksaan HBA1C. Pemeriksaan HBA1C menggambarkan rerata gula darah selama 3 bulan terakhir. Target kontrol gula darah adalah HBA1C di bawah 7%.

Kontrol gula darah pada pasien diabetes dapat dimulai dari gaya hidup sehat, seperti olahraga aerobik teratur, mengurangi asupan karbohidrat/gula, berhenti merokok, dan manajemen stres. Tatalaksana lebih lanjut dapat berupa pemberian obat-obatan anti-diabetes secara oral. Tatalaksana selanjutnya apabila gula darah tidak dapat terkontrol baik adalah dengan insulin injeksi.

Kontrol gula darah yang baik akan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Mari kita menjaga kesehatan jantung dan gula darah kita!

 

Referensi:

https://medlineplus.gov/diabeticheartdisease.html#:~:text=What is diabetic heart disease,problems at a younger age.

https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/diabetes-and-heart.html

https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/CIRCRESAHA.120.315913

https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/preventing-problems/heart-disease-stroke

Sumber gambar: freepik.com