Kamis, 16 Maret 2023 11:14 WIB

Ground Reaction Ankle Foot Orthosis (GRAFO)

Responsive image
666
Ardian F R - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

GRAFO adalah salah satu jenis alat yang menopang area pergelangan kaki dan kaki yang memanjang dari bawah lutut ke bawah sanmpai dengan kaki. Alat ini digunakan untuk mengontrol ketidakstabilan pada tungkai bawah dengan mempertahankan alignment dan mengontrol gerakan yang dibutuhkan dengan memanfaatkan gaya reaksi dari tanah. GRAFO dibuat dengan berbahan plastic khusus yang dibuat dan dibentuk sesuai dengan kontur anatomi tubuh penggunanya.

Ada beberapa desain GRAFO :

  1. Satu bagian: menutupi bagian belakang betis bawah, tulang kering bagian atas, dan bagian bawah kaki
  2. Dua bagian: sama dengan one piece tetapi memiliki panel anterior ( bukaan depan) yang dapat dilepas
  3. Bukaan belakang: menutupi bagian depan kaki dan bagian atas kaki.

         GRAFO pada umumnya digunakan pada pasien yang terkena kondisi neurologis seperti spina bifida, cerebral palsy, cedera otak, cedera tulang belakang, dan kelumpuhan pasca-polio. Dalam kasus ini, GRAFO berfungsi untuk menjaga sendi yang terkena dalam alignment yang tepat, untuk mendorong ekstensi lutut saat berdiri, dan mengkompensasi otot betis (gastroc-soleus) yang lemah atau tidak ada.GRAFO menempatkan gaya ekstensi lebih dekat ke lutut daripada AFO lainnya dan menggunakan permukaan depan(anterior) yang kaku dengan bantalan spons (pad).

Cara Pemasangan :

  1. Pasangkan kaus kaki katun panjang ke kaki.
  2. Jika GRAFO menggunakan panel depan (anterior) yang dapat dilepas, kendurkan tali di sisi panel.
  3. Untuk memasukkan kaki ke grafo, luruskan pergelangan kaki (arahkan jari-jari kaki ke bawah) melalui bagian atas ortosis.
  4. Pastikan tumit menempel sepenuhnya. Tumit harus selalu bersentuhan dengan bagian bawah alas ortosis.
  5. Periksa untuk memastikan tumit menempel pada bagian belakang ortosis.
  6. Posisikan panel depan (anterior) dengan tepat dan kencangkan tali/strap. Ortotis dapat menandai tali/strap untuk membantu menjaga tekanan yang konsisten.
  7. Kencangkan tali/strap tepat di atas pergelangan kaki.
  8. Jika Dimasukkan kedalam sepatu. Tali sepatu perlu dibuka lebar-lebar, kemudian geser kaki dengan GRAFO ke dalam sepatu.
  9. Sepatu khusus tidak diperlukan untuk dipakai dengan ortosis, tetapi memerlukan ukuran sepatu yang lebih besar. Jika perlu, lepaskan insole sepatu untuk mengakomodasi GRAFO. Sepatu dengan kotak jari kaki lebar dan Velcro umumnya lebih mudah dipakai dengan ortosis. Kencangkan tali sepatu/Velcro.

Jadwal Pemakaian :

       Hari pertama, dimulai dengan memakai selama 1 jam. Setelah 1 jam, lepaskan GRAFO dan periksa kulit apakah terdapat tanda merah. Beberapa tanda merah kecil mungkin terlihat pada kulit yang akan hilang dalam waktu 20 hingga 30 menit. Sedikit kemerahan biasa terjadi di atas tulang kering, punggung kaki, dan di bawah bola kaki. Jika tanda merah tidak hilang dalam 20 hingga 30 menit atau jika terlihat ada goresan, memar, atau melepuh, jangan pasang kembali GRAFO.Segera hubungi untuk menjadwalkan perbaikan dengan ortotis.

Jika kulit baik-baik saja, tunggu setidaknya 1 jam dan kemudian pasang kembali GRAFO selama 1 jam sekaligus selama sisa hari pertama. Periksa kulit setelah setiap jam.

         Pada hari kedua, kenakan FRAFO selama 2 jam. Setelah 2 jam, lepaskan ortosis dan periksa kulit. Jika kulit baik-baik saja, pasang kembali ortosis selama 2 jam sekaligus selama sisa hari itu. Periksa kulit setelah setiap 2 jam.Jika kulit baik-baik saja, secara bertahap waktu pemakaian ditingkatkan sebesar 1 jam setiap hari, periksa kulit setelah setiap waktu pemakaian.

Pembersihan dan Pemeliharaan:

·       Untuk membersihkan GRAFO, semprotkan bagian dalamnya dengan alkohol dan lap kering untuk menghilangkan minyak dan residu tubuh. Ini juga dapat dibersihkan dengan menyekanya dengan tissue basah. Cuci kaus kaki katun dengan air dingin atau menggunakan mesin cuci dengan suhu rendah.

        Jangan merendam GRAFO dalam air karena dapat merusak bantalan/pad dan tali/strap. Usahakan untuk menjaga tali/strap bebas dari rambut dan serat. Jika tali/straprusak dan perlu diganti, diharapkan segera diperbaiki untuk menjaga kestabilan posisi kaki.

 

Tips dan Pemecahan Masalah:

       Saat mengenakan AFO jenis apa pun, sangat penting untuk memastikan tumit terpasang dengan benar di dalam ortosis. Saat menggunakan GRAFO di sepatu yang berbeda, maka jangan merubah model sol sepatu. Mengubah ketinggian sol sepatu dapat mempengaruhi fungsi dan stabilitas.

Jika terlihat tanda merah, memar, atau lepuh pada kulit, hentikan penggunaan dan hubungi ortotis untuk dilakukan perbaikan. Jika ada masalah lain yang muncul, diharapkan segera berkonsultasi dengan ortotis.

 

Referensi:

www.scheckandsiress.com. (2022). Floor (Ground) Reaction AFO. Diakses pada 5 Juni 2022, darihttps://www.scheckandsiress.com/patient-information/care-and-use-of-your-device/floor-ground-reaction-afo/

Sumber Foto : Humas-RSO