Senin, 13 Maret 2023 11:26 WIB

Golongan Darah AB

Responsive image
57494
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Secara umum, golongan darah terbagi menjadi   empat jenis, yaitu golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O. Penentuan golongan darah tersebut didasarkan atas keberadaan protein atau antigen yang terdapat di sel darah merah, yaitu antigen A dan antigen B.

Golongan darah AB termasuk golongan darah yang langka. Golongan darah ini dapat menerima transfusi darah dari semua golongan darah lainnya. Selain itu, masih ada sejumlah fakta golongan darah AB lainnya yang menarik untuk diketahui.

Tipe golongan darah juga diketahui dapat memengaruhi karakteristik dan risiko seseorang untuk terkena penyakit atau kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, ada pula diet khusus golongan darah yang disarankan untuk mengatasinya.

Beragam Fakta Menarik Golongan Darah AB

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang pemilik golongan darah AB:

1.    Golongan darah langka

Seperti yang telah disebutkan, golongan darah AB termasuk dalam golongan darah langka. Di Indonesia sendiri, dari total 274 juta penduduk, hanya ada sekitar 3 juta orang dengan golongan darah AB.

Selain langka, golongan darah AB juga merupakan penerima darah universal. Hal ini membuat pemilik golongan darah AB bisa menerima donor darah dari orang dengan golongan darah apa pun.

2.    Mudah bergaul

Menurut konsep kepribadian Ketsuekigata asal Jepang, pemilik  golongan darah AB kemungkinan memiliki karakteristik gabungan dari orang yang bergolongan darah A dan B. Karakter kuat dari golongan darah AB meliputi berpikir rasional, dapat diandalkan, dan mudah bergaul. Kekurangannya adalah cenderung pelupa, terlalu kritis, dan lama mempertimbangkan pilihan.

Namun, kaitan golongan darah dan sifat orang sebenarnya belum memiliki bukti ilmiah yang sangat kuat. Selain adanya faktor biologis, karakter orang juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti pola asuh dan pergaulan.

3.    Risiko terkena penyakit jantung

Sebuah studi mengungkapkan pemilik golongan darah AB berisiko 23% lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan golongan darah B dan golongan darah O.

Penyebab pastinya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga karena tingkat peradangan di pembuluh darah yang lebih tinggi pada golongan darah AB. Meski demikian, penyakit jantung tetap bisa dialami siapa saja seiring bertambahnya usia, terlebih bila diiringi pola hidup yang tidak sehat.

4.    Rentan mengalami preeklamsia

Wanita bergolongan darah AB diketahui berisiko mengalami preeklamsia ketika hamil, terutama pada wanita yang memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini cukup berbeda pada wanita dengan golongan darah O yang memiliki risiko lebih rendah mengalami preeklamsia.

Meski studi menyatakan demikian, preeklamsia tetap bisa dipicu oleh faktor risiko lainnya, seperti hamil di atas usia 35 tahun, menjalani hamil kembar, atau menderita penyakit diabetes atau penyakit ginjal.

5.    Perlu membatasi daging merah

Pemilik golongan darah AB tidak memiliki batasan khusus dalam pola makan, karena dapat menjalani pola makan atau diet golongan darah A dan golongan darah B.

Namun, orang dengan golongan darah ini tetap harus mengonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang serta mengurangi asupan daging merah karena dinilai berisiko meningkatkan lemak dalam darah dan penyakit jantung.

Golongan darah AB memiliki karakterisik dan fakta menarik yang cukup berbeda dengan golongan darah lainnya. Golongan darah ini termasuk yang jarang dimiliki, tetapi bisa menerima transfusi darah dari golongan darah apa pun.

Karena memiliki antigen A dan antigen B, pemilik golongan darah AB kemungkinan memilki karakteristik yang sama dengan golongan darah A dan golongan darah B. Seseorang yang bergolongan darah AB juga dapat menjalani pola makan atau diet golongan darah A dan golongan darah B.

Sifat Golongan Darah AB dan Karakter Umumnya

1.   Pendiam

Berbeda dengan golongan darah B yang ceplas – ceplos, golongan darah AB ini termasuk sosok yang pendiam. Golongan darah AB jarang berbicara, namun sekalinya bicara ia lebih suka berbicara singkat, jelas, dan langsung to the point.

2.   Tenang dan Dewasa

Pembawaannya yang pendiam ini membuat terkesan lebih dewasa dari pada teman – teman lainnya. Ida juga selalu menyikapi permasalahan dengan tenang. Golongan darah AB ini sangat pintar menyembunyikan perasaan. Apabila ia terlihat selalu senyum di depan orang, belum tentu dalam hatinya ia sedang happy. Bisa jadi ia sedang bersedih namun Ia menutupinya.

3.   Mempunyai Perasaan yang Sangat Lembut

Pemilik golongan darah AB merupakan sosok yang sensitif dan sangat lembut. Ia mudah berempati kepada orang lain. Golongan darah ini juga selalu berhati – hati jika berbicara karena Ia tidak mau orang lain salah sangka kepadanya.

4.   Mengutamakan Logika

 Selain itu, karakter dan sifat golongan darah AB selanjutnya yaitu    mengutamakan logika. Apabila kebanyakan orang lebih mengutamakan perasaan, berbeda dengan golongan darah AB yang selalu berpikir dengan logika. Pemikirannya yang rasional pun membuat teman–temannya terbantu.

Apabila temannya sedang dalam masalah, maka si golongan darah AB ini akan membantu menyelesaikan masalahnya dengan pemikirannya yang rasional.

5.   Suka Menolong Orang Lain

Orang dengan golongan darah AB terkenal sebagai sosok yang gemar menolong orang lain. Golongan darah ini cinta dama dan tidak bisa melihat orang di sekitarnya kesusahan. Selain itu, golongan darah AB ini tidak suka berkompetisi dan mengejar kemenangan. Dari pada saling berkompetisi, Ia lebih memilih ketenangan jiwa. Maka tidak salah jika ia menjadi mediator terbaik.

6.   Pelupa

Selain karakter yang baik pada golongan darah AB, mereka juga mempunyai kekurangan yaitu gampang lupa. Menjadi pelupa membuat golongan darah AB terkadang menjadi orang yang linglung. Terkadang mereka benar – benar tidak mengingat sesuatu karena mereka tidak memperhatikan dan gampang stres.

7.   Kritis

Karena golongan darah tipe AB mereka berpikir rasional, mereka sering menanyakan alasan di balik semua tindakan yang terjadi. Mereka menjadi kritis dan selalu mendukung argumennya dengan bukti yang faktual yang jelas.

Referensi  :

Elfa Nur Hikmah,dkk,  2021, Gambaran golongan darah system ABO dan resus suku asli Sumatra selatan jurnal laboratorium kesehatan Poltekes Kemenkes Palembang

Li, T., et al. (2021). The Association Between ABO Blood Group and Preeclampsia: A Systematic Review and Meta-Analysis. Frontiers in Cardiovascular Medicine, 8, Artikel 665069.

Graff, S. Penn Medicine (2018). The Connection Between Blood Type and Heart Health.

Watson, K. Healthline (2022). Does Your Blood Type Determine Your Personality?

Gillette, H. PsychCentral (2021). Can Your Blood Type Influence Your Personality?

Watson, S. Nourish by WebMD (2022). The Blood Type Diet.

MacPherson, R. Verywell Fit (2022). What Is the Blood Type Diet?

Berkley, C. Verywell Health (2022). Universal Blood Type Donors and Recipients.

Nittle, N. Verywell Mind (2022). What Is Blood Type Personality?