Selasa, 28 Februari 2023 15:39 WIB

Kenali Tanda Tubuhmu Butuh Istirahat dari Penatnya Bekerja

Responsive image
3066
Ns. Frediana Pegia Hartanti, S.Kep - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Setiap orang selalu memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Sibuk Karen tuntutan pekerjaan atau rutinitas oekerjaan rumah yang melelahkan. Kegiatan tersebut apabila dilakukan secara terus menurus tanpa waktu istirahat, maka akan berdampak burk bagi kesehatan. Tubuh kita kan mengalami kelelehan yang berdapmak pada produktivitas. Istirahat adalah tidak melakukan kegiatan yang berat. Kelelahan yang dimaksud bukan suatau kelaian mental, hal ini sering dialami kebanyakan orang. Namun apabila kelellahan tidak bias teratasi akan muncul berbagai masalah yang timbul. Berikut adalah tanda tubuhmu waktu istirahat :

1.     Nyeri otot

Nyeri otot sering muncul apabila tidak melalukan pemanasan saat berolahraga, namun apabila nyeri otot tesebut selam dua hari tak kunjung hilang, itu berarti tubuh benar-benar butuh waktu istirahat dn ingin berhenti sejenak dari rutinits beberapa hari.

2.     Merasa Lemas dan Lelah

Perubuhan suasana hati dan kelelahan adalah tanda tubuh perlu istirahat. Tubuh yang mengalami kellahan bias mempengaruhi emosi seorang, menjadi lebih sensitive, mudah marah, dan mudah menangis.

3.     Badan terasa Kaku

Tubuh yang kaku juga bias menjadi tanda kelelahan dan butuh istirhat. Tubuh kaku disebabkan oleh aktivitas fisik yang dilakukan berulang-ulang tanpa jeda.

4.     Sulit Berkonsentasi

Ketika Anda mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda bahwa tubuh kelelahan dan perlu istirahat.

5.     Sering sakit

Akhir-akhir ini sering terserang batuk pilek dan demam? Itu pun bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami penurunan imunitas dan perlu istirahat. Jadi, selain mengonsumsi obat dan makanan bergizi, tingkatkan juga kualitas tidur.

6.     Mengalami Gangguan Tidur

Merasa sangat lelah, tetapi tidak dapat tertidur? Ini merupakan salah satu tanda tubuh perlu istirahat. Mengapa bisa? Perasaan lelah yang berlebih bisa membuat kualitas tidur tidak baik, bahkan sulit tertidur. Ini terjadi karena beban pikiran yang dirasakan membuat secara tidak sadar merasa khawatir. Kondisi ini akan membangunkan tidur sehingga semakin menguras tenaga dan pikiran yang sudah kelelahan.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

 

Referensi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628439/kenali-tanda-tubuh-anda-perlu-istirahat