Selasa, 28 Februari 2023 14:49 WIB

Berhenti Merokok Menuju Hidup yang Lebih Sehat di Awal Tahun

Responsive image
274
Novi Ratna Sari, S.Psi - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung

Awal tahun seringkali menjadi momentum bagi banyak orang untuk membuat resolusi hidup yang lebih baik. Salah satu resolusi yang banyak dibuat adalah berhenti merokok. Merokok bukan hanya merugikan kesehatan, tetapi juga dapat mempengaruhi lingkungan dan orang lain. Berikut beberapa alasan penting mengapa Anda harus berhenti merokok dan bagaimana Anda dapat melakukannya.

Mengapa Berhenti Merokok Penting untuk Kesehatan?

Merokok menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit paru-paru. Jika Anda berhenti merokok, Anda dapat memperbaiki kesehatan Anda dan memperpanjang hidup Anda.

Bagaimana Cara Berhenti Merokok?

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, tetapi jika Anda bersungguh-sungguh, Anda dapat berhasil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda berhenti merokok dengan metode START:

1. Set a quit date (tetapkan tanggal berhenti merokok)

Perencanaan adalah bagian penting dari proses berhenti merokok. PIlih satu hari untuk mulai berhenti merokok antara 2-4 minggu lagi. Ini memberi Anda cukup waktu untuk mempersiapkan diri, tapi tidak terlalu banyak waktu sehingga Anda kehilangan motivasi untuk memulai.

2. Tell family, friends, and co-workers (beritahu keluarga, teman, dan rekan kerja)

Beritahu keluarga dan teman Anda tentang tanggal berhenti Anda sehingga mereka tahu bagaimana dan kapan harus mendukung Anda. Jika Anda merasa nyaman, Anda bahkan dapat membagikan rencana ini di media sosial, sehingga Anda memiliki lebih banyak alasan untuk lebih bertanggung jawab terhadap rencana Anda

3. Anticipate and plan for the challenges (antisipasi dan siapkan rencana untuk menghadapi godaan)

Pilih hari ketika Anda tidak rentan stress, seperti Akhir pekan daripada ketika hari kerja. Jika Anda dapat mengidentifikasi faktor pemicu Anda merokok dan mengetahui lingkungan apa yang menyebabkan Anda merokok, batasi paparan Anda terhadap hal-hal tersebut.

4. Remove cigarettes (singkirkan rokok)

Sebelum tanggal berhenti merokok, bersihkan rumah Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan bau yang terkait rokok serta perlengkapan apapun seperti asbak dan korek api. Semakin sedikit barang yang berhubungan dengan rokok, semakin hal ini membantu Anda mewujudkan rencana berhenti merokok. Akses merokok yang dipersulit seperti ini memaksa Anda untuk berhenti sejenak ketika Anda memiliki kenigninan merokok dan membantu Anda mengingat kembali alasan Anda berhenti merokok.

5. Talk to your healthcare (konsultasikan ke tenaga kesehatan)

Kunjungi fasilitas kesehatan sebelum hari Anda berhenti merokok. Petugas kesehatan dapat membantu memberikan tips atau saran tentangt cara berhenti merokok dan memberikan alternatif bantuan medis untuk membantu Anda berhasil berhenti merokok.

Berhenti merokok adalah hal yang besar dan memerlukan komitmen dan tekad. Namun, jika Anda dapat berhasil, Anda akan dapat melihat perbedaan besar dalam kualitas hidup Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat berhenti merokok tidak hanya dirasakan ketika Anda berhenti merokok, tetapi juga akan terasa hingga bertahun-tahun setelah Anda berhenti merokok sehingga kualitas hidup Anda akan meningkat.

Berhenti merokok adalah bagian dari resolusi hidup yang lebih sehat. Dengan berhenti merokok, Anda dapat memperbaiki kesehatan Anda dan hidup lebih lama. Jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menuju hidup yang lebih sehat.

 

Referensi:

https://www.quit.org.au/articles/setting-a-quit-date-and-preparing-to-quit/#:~:text=Tips for setting a quit,of cigarettes the night before. [Diakses 15 Januari 2023]

https://www.hss.gov.nt.ca/en/services/health-effects-tobacco/set-quit-date-and-stick-it [Diakses 15 Januari 2023]

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-kronik/persiapan-untuk-berhenti-merokok-dengan-start. [Diakses 19 Januari 2023]

Sumber: https://pixabay.com/photos/non-smoker-cigarette-box-cigarettes-2383236/