Jumat, 17 Februari 2023 16:57 WIB

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Responsive image
3448
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Pisang merupakan buah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan buah unggulan dan dikenal luas di Indonesia, buah pisang bisa dinikmati oleh segala kalangan dan berbagai cara untuk menikmatinya, dimakan langsung, digoreng, dikukus atau diolah bersama bahan lain, pisang tidak hanya enak tetapi banyak juga manfaatnya untuk tubuh.

Pisang juga mempunyai segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan. Pisang bisa membantu atasi hipertensi kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah stabil, serat bahan pangan yang dikandung mampu mengikat lemak, sebagai sumber karbohidrat dan vitamin A, melancarkan aliran oksigen ke otak karena pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung, dan sirkulasi darah, mengatasi anemia dengan kandungan zat besi yang ada pada pisang untuk pembentukan hemoglobin,  menyehatkan tulang serta meningkatkan kekebalan  tubuh.

Buah pisang yang segar dan sudah matang mengandung kalium, pectin, dan serta yang sangat tinggi, selain itu terdapat sejumlah kandungan magnesium, vitamin C, dan vitamin B6 yang secara bersama-sama membentuk antioksidan. Secara umum antioksidan akan melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas serta mengurangi pembengkakan. Pisang (Musa paradisiaca) merupakan buah yang mengandung gula alami seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa, teksturnya lunak dan mudah dicerna oleh tubuh, berpotensi mengatasi kelelahan otot karena memiliki karbohidrat sederhana dan komplek sebagai sumber energy. Kombinasi zat gizi berupa kandungan karbohidrat, lemak, vitamin, mineral serta antioksidan merupakan sumber zat gizi yang baik untuk olah raga dengan durasi yang panjang.

Meskipun memiliki banyak manfaat pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi buah pisang, mengkonsumsi pisang secukupnya agar kandungan nutrisi pada pisang tetap dapat, bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Referensi :

www.p2ptm.kemkes.go.id. Khasiat dan Manfaat Pisang.

Suryalita. Review Beraneka Ragam Jenis Pisang. https://journal.uin-alauddin.ac.id.

HH Arifki. Karakteristik dan Manfaat Tumbuhan Pisang. https://jurnal.unpad.ac.id.

https://eprints.umm.ac.id.